Serunya Jelajah Peternakan, Lihat Bayi Sapi hingga Sapi-Sapi Pintar Pulang-Pergi Sendiri

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 23 November 2017 01:59 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 23 406 1818897 serunya-jelajah-peternakan-lihat-bayi-sapi-hingga-sapi-sapi-pintar-pulang-pergi-sendiri-t8hY2ZJzQ9.jpg

JAWA Timur menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang memproduksi susu sapi terbesar di Indonesia. Peternakan yang dimiliki provinsi tersebut satu di antaranya berada di Malang.

Di kota yang terkenal dengan udara sejuknya, peternakan sapi yang unik menarik untuk dikunjungi. Di peternakan yang berada di Desa Babadan, Kabupaten Malang, Jawa Timur tersebut, Anda bisa melihat sapi-sapi dari berbagai umur, dengan latar belakang panorama Gunung Kawi.

Tidak hanya itu saja, di peternakan sapi yang ada di bawah naungan PT Greenfields Indonesia, Anda pun bisa melihat beragam sapi dari usia dan ukuran yang berbeda. Mulai dari bayi sapi, induk sapi, hingga sapi yang baru saja selesai melahirkan.

Uniknya, bayi sapi yang telah dipisahkan dari induknya, ketika disentuh lembut dengan tangan, ia menunjukkan sikap manja yang terus menagih untuk disentuh. Selain itu, bayi sapi juga memperlihatkan tingkah alamiahnya saat kepala pengurus peternakan mengelus, ia justru mengisap-isap tangan kepala pengurus hingga mengeluarkan suara.

"Ini natural behaviour dari bayi sapi, sama seperti bayi manusia yang kalau diberi dot pasti mengisap-isap, " ucap Heru Prabowo, Kepala Pengurus Peternakan PT. Greenfields Indonesia, ketika jelajah peternakan, Rabu (22/11/2017).

Hal yang lebih uniknya lagi, di peternakan ini Anda juga bisa melihat semua proses dari awal susu sapi dihasilkan. Sapi-sapi yang akan diperah susunya akan mendatangi kandang pemerahan beramai-ramai tanpa didampingi oleh petugas, mereka berjalan perlahan menuju kandang hingga bilik pemerahan sendiri tanpa ada arahan dari petugas.

Ketika selesai diperah, dan mesin penghisap terlepas, sapi-sapi pun bersama-sama kembali lagi ke kandangnya masing-masing. Mereka kembali berjalan pelan-pelan hingga tiba di kandang tujuan.

Sapi-sapi pintar tersebut telah menyumbangkan 10 persen dari angka kebutuhan susu sapi yang ada di Indonesia. Di peternakan yang juga memproduksi olahan susu sapi dan produk susu ini, Anda bisa menyaksikan sapi-sapi diperah, bahkan mulai dari cara memberi pakan hingga pembersihan kandang.

"Fokus utama untuk menjaga kenyamanan, dan kesenangan sapi, yg berpengaruh pertama adalah kandang, di peternakan ini sapi ditempatkan di ruangan tertutup, namun ada kipas yg mengalirkan udara, sehingga udara dingin di dalam kandang," imbuh Heru.