Halte-Halte Unik dengan Nilai Sejarah di Rusia, dari Bentuk Burung Hingga Mirip Stadion

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 24 November 2017 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 11 24 406 1819960 halte-halte-unik-dengan-nilai-sejarah-di-rusia-dari-bentuk-burung-hingga-mirip-stadion-uKY1gptRhi.jpg

HALTE bus merupakan tempat umum yang pasti ada di setiap negara. Halte bus yang banyak ditemui oleh para traveler memiliki bentuk yang hampir sama. Namun, ada halte bus dengan bentuk yang tidak biasa di Rusia. 

Bentuk yang tidak biasa tersebut menjadi salah satu daya tarik jika Anda mengunjungi Rusia. Halte bus yang ada di Rusia itu juga merupakan salah satu peninggalan masa lalu, yang masih cukup terjaga, dan terawat. 

Halte bus ada yang berbentuk burung berwarna putih, tanpa atap seperti halte pada umumnya, yang sering Anda lihat. Halte berbentuk tidak biasa tersebut, tidak hanya satu-satunya yang dimiliki oleh Rusia, tapi juga ada yang lainnya. 

Selain bentuknya unik, ternyata ada cerita dibaliknya. Bentuk burung misalnya, menjadi ciri dari kejayaan Rusia di masa lalu. Maka, ketika mengunjungi Rusia, pelancong seakan bisa merasakan masa-masa kejayaan tersebut. 

Bentuk unik halte yang lainnya memiliki atap, tapi atap tersebut bentuknya tidak biasa. Dengan dindingnya yang berhias mural, halte bus yang bentuknya seperti ombak ini memiliki tempat duduk yang memanjang.

Ada pula halte bus yang bentuknya tidak kalah unik. Halte yang bentuknya seperti rumah boneka itu juga tidak memiliki atap seperti halte yang berbentuk burung di atas. Namun, halte yang satu ini bagian atasnya berbentuk lingkaran seperti stadion sepak bola, dengan beton-beton berbentuk zig-zag. Dinding halte pun tidak polos, melainkan berhias mural abstrak. 

Halte selanjutnya yang tidak kalah unik ialah halte yang bentuknya seperti mercusuar. Dengan adanya sebuah menara, halte yang bentuknya sama sekali tidak seperti tempat pemberhentian bus tersebut berada di atas padang pasir, yang dilengkapi dengan pintu dan sebuah ruangan. 

Foto-foto halte yang berbentuk unik di Rusia ini dikumpulkan oleh seorang fotografer bernama Christopher Herwig. Dilansir dari The Guardian, Jumat (24/11/2017), untuk mendapatkan beberapa foto halte-halte dengan bentuk yang unik tersebut, Herwig harus mengembara sejauh 30 ribu kilometer untuk memotret. 

Diantara bentuk-bentuk yang unik dari halte-halte di Rusia, ada satu halte yang bentuknya bisa membuat Anda berimajinasi tinggi. Pasalnya, halte ini memiliki bentuk seperti tempat pemberhentian bus dari dimensi lain. 

Halte tersebut beratap setengah bola alias kubah, dengan dikelilingi oleh sebuah beton yang tampak seperti topi Derby. Bentuk halte ini juga diperunik dengan dindingnya yang dilukis motif seperti pegunungan, selain itu kursi terbuat dari beton, bukan terbuat dari kayu atau besi seperti pada umumnya. 

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini