Share

Bambu Gila, Permainan Penuh Mistis dari Ternate

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 06 Desember 2017 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 05 406 1825774 bambu-gila-permainan-penuh-mistis-dari-ternate-Jogrev3VLJ.jpg Permainan bambu gila di Ternate (Foto: Utami/ Okezone)

INDONESIA memiliki beragam budaya yang banyak jumlahnya. Permainan tradisional merupakan bagian dari kebudayaan suatu daerah.

Tak hanya permainan tradisional yang erat dengan peralatan di sekitar, permainan dari suatu daerah juga tak jarang memiliki nilai mistis. Salah satunya adalah permainan bambu gila dari Ternate.

Anda mungkin pernah mendengar tentang bambu gila. Namun tahukah Anda bagaimana bambu gila itu bisa bergerak dan mengendalikan kekuatan tubuh manusia?

Ya, bambu gila adalah nama permainan yang menggunakan bambu sebagai alat utamanya. Dinamakan bambu gila karena bambu ini dapat memengaruhi kekuatan manusia yang memegangnya. Bambu ini dimainkan dengan mengundang ruh untuk mengisi kekuatan di dalam bambu.

Bambu yang digunakan pun tak sembarangan. Seseorang harus membacakan doa terlebih dahulu sebelum menebang sebuah bambu dari hutan. Kemudian ada ritual lain yang harus dilakukan sebelum membawa batang bambu ke tempat permainan.

Bambu biasanya dipotong dengan ukuran 2 meter atau lebih. Kemudian akan ada 5 atau 7 laki-laki yang berbaris dan memegang bambu dengan memeluknya di dada mereka dengan tangan terlipat ke atas.

Lalu akan ada pawang yang membawa sebuah wadah dengan berisi kemenyan yang dibakar. Dia membacakan mantra sambil mengibaskan asap kemenyan ke dua ujung bambu dan sekitar batangnya.

(Foto: Utami/ Okezone)

Setelah bambu terpapar asap kemenyan, kekuatan mistis yang dipercaya sebagai ruh akan mengisi bambu. Setelah itu, bambu akan bergerak dengan sendirinya sehingga otomatis para pemainnya ikut bergerak mengikuti arah bambu. Mereka bertugas mengendalikan gerak bambu itu, namun seringkali usaha mereka gagal karena kekuatan bambu cukup kuat.

kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Samin Marsaoly mengatakan, bambu gila merupakan ritual kebersamaan yang berasal dari tanah Ternate.

"Bambu gila adalah ritual kebersamaan, di mana satu orang mengomandoi beberapa orang untuk mengangkat bambu dengan kekuatan magic," jelas Samin kepada Okezone di landmark kota Ternate, Maluku Utara di sela-sela event Festival Kora Kora 2017 baru-baru ini.

Menurut Samin, bambu gila yang telah dipapar asap kemenyan akan memiliki kekuatan yang tak biasa. Sehingga kekuatan tujuh orang pun tak bisa melawan kekuatan tersebut.

Untuk membuat kekuatan ruh lebih mudah memasuki bambu, maka sang pawang akan berteriak "Baramasuwen dadi gou-gou!" sambil mengibaskan asap kemenyan ke arah bambu.

"Teriakan itu benar-benar mereka yakini," ujar Samin.

Permainan bambu gila biasanya dimainkan dalam upacara adat seperti pernikahan. Termasuk juga dalam acara besar yang ada di kota Ternate. Hingga kini, bambu gila masih sering dimainkan oleh masyarakat Ternate ditengah gempuran zaman yang semakin modern.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini