Oksigen Pulau Giliyang Madura Jadi Incaran Wisatawan Dunia

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 06 Desember 2017 06:36 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 06 406 1825830 oksigen-pulau-giliyang-madura-jadi-incaran-wisatawan-dunia-MOxWFZFvJt.JPG (Foto: Instagram @mymoyi)

SUMENEP memang belum menjadi destinasi wisata primadona kalangan traveler lokal. Uniknya, justru di kalangan turis mencanegara, kabupaten yang terletak di Pulau Madura ini sudah menjadi incaran.

Kunjungan wisatawan manca negara ke wilayah berjuluk soul of Madura itu meningkat signifikan setiap tahun. Sepanjang 2017 sebanyak 12 kapal pesiar internasional cruise singgah di sana.

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sumenep, Sufiayanto, mengatakan, Sumenep menyimpan kekayaan alam berlimpah, khususnya laut yang sangat indah.

"Pulau Giliyang adalah ikonnya. Makanya kami gencar mempromosikan destinasi wisata bahari yang ada di kabupaten Sumenep," kata Sufiayanto saat ditemui Okezone di acara Launching Visit and Calender of Event Sumenep 2018 di Gedung Sapta Pesona Kementeria Pariwisata.

Lebih lanjut ia menyebutkan lima destinasi wisata bahari yang menjadi unggulan di kabulaten Sumenep, yaitu:

Pulau Giliyang

Pulau Giliyang disebut juga pulau Oksigen. Disebut demikian karena memiliki kandungan oksigen tertinggi tingkat dunia, yakni mencapai 21,5 % dan kandungan CO2 paling rendah.

Banyak penduduk di pulau Giliyang hingga kini berusia panjang di atas 100 tahun dan hidup sehat di sana. Di Pulau Giliyang kamu bisa menghirup udara terbaik yang ada di dunia. Untuk menuju Pulau ini, hanya butuh perjalanan 40 menit menggunakan kapal motor dari Pelabuhan Tungke.