4 Spot Wisata Indah yang Harus Dikunjungi di Raja Ampat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 21 Desember 2017 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 21 406 1834232 4-spot-wisata-indah-yang-harus-dikunjungi-di-raja-ampat-uBT8wzgxSI.jpg Raja Ampat (Foto: James Morgan)

SEJAK terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia pada Oktober 2014 lalu, Joko Widodo menegaskan, selama masa pemeritahannya ia akan fokus melakukan pembangunan infrastruktur secara merata di seluruh daerah di Indonesia.

Untuk merealisasikan janji tersebut, Jokowi bahkan telah merancang sejumlah program pembangunan, termasuk program “10 Destinasi Prioritas” yang kini sedang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata.

Program ini dimaksudkan untuk melakukan percepatan pembangunan di 10 destinasi wisata yang dianggap memiliki potensi dalam mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan. Salah satunya adalah Raja Ampat.

Dalam beberapa tahun terakhir, nama Raja Ampat memang semakin dikenal masyarakat luas setelah mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi dari sejumlah instansi internasional. Objek wisata yang terletak di Papua Barat ini bahkan dinobatkan sebagai destinasi wisata bahari terbaik di dunia, oleh salah satu media internasional.

Untuk mengetahui lebih lanjut daya tarik apa saja yang dimiliki Raja Ampat, berikut Okezone rangkumkan 4 rekomendasi pulau yang wajib Anda sambangi. Sebagaimana dikutip dari Tabloid West Papua, Kamis (21/12/2017).

Pulau Kofiau

(Foto: lostpacker/Instagram)

Raja Ampat dikelilingi pulau-pulau besar dengan beragam keunikan masing-masing. Salah satunya adalah Pulau Kofiau. Meski luas wilayah pulau ini cenderung paling kecil dan paling jarang dikunjungi di antara pulau-pulau besar lainnya di Raja Ampat, Pulau Kofiau ternyata menyimpan beragam keindahan bawah laut yang begitu memesona.

Para pengunjung dapat melihat secara langsung kemegahan terumbu karang serta keanekaragaman biota laut asli Tanah Papua. Tidak hanya itu, Pulau Kofiau juga dihiasi bukit-bukit vulkanik yang tertutup hutan hujan lebat, serta atraksi fauna-fauna unik seperti Burung Merah yang dapat Anda jumpai ketika menjelajahi daerah pedalaman pulau tersebut.

Baca Juga:

Desa Wisata Sauwandarek

(Foto: taxiwayecho/Instagram)

Terletak di bagian barat Waisai, Desa Wisata Sauwandarek menyuguhkan pemandangan spektakuler yang terdiri dari deretan rumah-rumah beratap daun asli, khas Papua Barat. Rumah-rumah di desa wisata ini dihuni 46 kepala keluarga atau sekitar 179 penduduk. Meski terkenal berkat keunikan rumah adat dan karangnya yang sangat indah, para pengunjung juga dapat mengunjungi danau air asin yang berada tepat di belakang Desa Wisata Sauwandarek.

Danau itu dikenal dengan sebutan Telaga Yenawyau. Belum banyak yang mengetahui bahwa desa ini juga menjadi rumah bagi fauna endemik yang menjadi ikon Papua yakni, burung Cendrawasih. Setidaknya terdapat empat spesies Cendrawasih yang dipelihara desa tersebut yaitu, Burung Merah Bahagia, Burung Cendrawasih Bukit, Burung Cendrawasih, dan Burung Besar Surga.

Pulau Misool

(Foto: Ahmad_hasanela/Instagram)

Jika Anda menyukai tempat-tempat terpencil yang tenang, sunyi, dan nyaman, Pulau Misool adalah salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi. Pulau ini berada di lepas pantai barat pulau Papua, dan berbatasan langsung dengan Laut Seram. Seperti diketahui, Laut Seram merupakan wilayah perairan yang dilalui oleh sejumlah biota laut berukuran raksasa, termasuk paus. Keunikan pulau ini juga terletak pada panorama laut berwarna biru kehijauan yang membentang luas mengelilingi pulau.

Kehidupan bahwa lautnya pun menjadi salah satu daya tarik utama para wisatawan mancanegara, untuk melihat secara langsung keanekaragaman hayati laut yang digadang-gadang menyimpan 75% semua spesies karang dan ikan hias yang dikenal di dunia. Selain memiliki pemandangan alam yang memesona serta kekayaan biota laut yang melimpah, Pulau Misool juga merupakan rumah bagi situs budaya kuno yang dipercaya telah ada sejak 5.000 tahun lalu. Para wisatawan dapat melihat ukiran-ukiran petroglif yang tersebar di dinding-dinding gua di seluruh pulau.

Baca Juga:

Pulau Waigeo

(Foto: arfiansyah9/Instagram)

Pulau Waigeo merupakan pulau terbesar di antara empat pulau utama yang berada di Kepulauan Raja Ampat, dan juga paling mudah untuk dijangkau oleh transportasi umum. Kendati demikian, untuk menjelajahi Pulau Waigeo secara keseuluran memang masih menjadi tantangan tersendiri bagi para wisatawan. Pulau ini merupakan tempat yang tepat untuk mengawali eksplorasi keindahan dan keajaiban alam Raja Ampat.

Salah satu aktivitas wisata yang paling digemari wisatawan adalah diving dan snorkeling. Pemandangan bawah laut Pulau Waigeo memang begitu spektakuler, di mana para wisatawan dapat berenang di antara kelompok ikan berwarna-warni di sepanjang terumbu karang. Lalu pada kedalaman 30 meter, mereka juga berkesempatan untuk melihat hiu karang putih serta hiu karang hitam yang sedang tertidur pulas. Tak heran jika dalam beberapa tahun terakhir, Pulai Waigeo menjadi tempat fotografi bawah laut para wisatawan mancanegara. Selain karena keragaman biota lautnya, pulau ini juga dianugerahi keanekaragaman hayati yang cukup besar dan sangat eksotis.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini