Rafflesia Arnoldii Mekar Sempura di Hutan Belukar Kaur

ant, Jurnalis · Jum'at 22 Desember 2017 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 22 406 1834514 rafflesia-arnoldii-mekar-sempura-di-hutan-belukar-kaur-dTD2nmc3D0.jpg Ilustrasi

BENGKULU - Satu bunga langka Rafflesia Arnoldii mekar sumpurna di hutan belukar sekitar kebun kopi warga Desa Manau IX Kecamatan Padang Guci Hulu, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.

"Posisi bunga mekar menggantung di atas batang inang sekitar dua meter di atas tanah, ini sangat unik," kata Nopriansyah, Anggota Komunitas Peduli Puspa Langka Padang Guci, Kaur, saat dihubungi dari Bengkulu, Jumat (22/12/2017).

Ia mengatakan habitat bunga tersebut sudah dipetakan anggota komunitas dan rutin dipantau untuk perlindungan.

Apalagi tempat tumbuh bunga langka dilindungi itu sebagian besar berada di wilayah kebun karet dan kopi masyarakat.

"Kami sudah upayakan habitat bunga rafflesia di Kaur ini dijadikan areal lindung atau konservasi," ucap Nopriansyah.

Untuk mewujudkan itu, belum lama ini, komunitas bersama pemerintah daerah dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung memetakan habitat rafflesia di Kaur.

Kawasan hutan di sekitar Sungai Penangkulan dan beberapa belukar di areal kebun warga merupakan habitat dua jenis rafflesia yakni Rafflesia Arnoldii dan Rafflesia Bengkuluensis.

Anggota komunitas dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) Desa Manau IX memetakan dan menjadikan habitat bunga langka itu sebagai stujuan eowisata andalan setempat.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini