Share

Tradisi Unik Jelang Tahun Baru dari Berbagai Daerah di Indonesia

Ajeng Dwiri Banyu, Jurnalis · Sabtu 23 Desember 2017 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 23 406 1834954 tradisi-unik-jelang-tahun-baru-dari-berbagai-daerah-di-indonesia-O6g76FZZWr.jpg Denpasar Festival (Foto: Dok.Okezone)

TAHUN baru tak lengkap rasanya jika tidak merayakan bersama sahabat maupun keluarga. Salah satu cara menikmati momen bersama adalah dengan kumpul bersama sambil menunggu perhitungan mundur di malam tahun baru. Selain berbincang, kita juga bisa menikmati barbeque di rumah atapun menonton film bersama.

Nah, untuk beberapa daerah ini memiliki beberapa tradisi unik yang sering dilakukan saat tahun baru. Tidak hanya membakar kembang api, daerah-daerah di Indonesia mempunyai cara sendiri untuk menikmati acara pergantian tahun. Berikut, Okezone rangkum dari berbagai sumber beberapa daerah dengan keunikan perayaan tahun barunya.

Yogyakarta

Menyambut tahun di Yogyakarta bisa Anda nikmati dengan mengunjungi Candi Borobudur. Borobudur Nite menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan untuk berkunjung ke Jawa Tengah saat malam tahun baru. Di tempat ini juga akan diterbangkan ribuan lampion secara bersamaan. Lampion-lampion tersebut melambangkan makna harapan di tahun mendatang. Event ini sangat cocok kamu sambangi bersama dengan pasangan ataupun keluarga tercinta. Memandangi langit Yogyakarta yang dihiasi gemerlap cahaya lampion akan memberikan kesan yang sangat berharga untuk Anda bawa pulang. Tidak hanya menerbangkan lampion, di Borobudur juga diadakan pergelaran musik, seni, dan budaya.

Bali

Jika ingin merayakan malam pergantian tahun, Pulau Dewata ini bisa menjadi salah satu destinasi favorit untuk Anda. Pada malam tahun baru, Bali akan dipenuhi oleh jutaan wisatawan dari seluruh penjuru dunia. Biasanya, kota Denpasar akan diramaikan dengan serangkaian perayaan menyambut malam tahun baru. Event bertajuk Denpasar Festival juga akan digelar pada 28 sampai 31 Desember. Seperti tahun-tahun sebelumnya, event ini diselenggarakan akan menampilkan kegiatan menarik seperti parade, pameran, pertunjukkan seni, bazaar kuliner, dan lainnya.

Sulawesi

Salah satu suku dari Sulawesi yaitu suku toraja memiliki event tahunan yang dinamakan Lovely Toraja atau Lovely Desember. Dalam acara ini, Toraja akan menampilkan berbagai potensi kesenian dan budaya Toraja dalam bentuk atraksi kepada seluruh pengunjung. Acara ini biasanya diisi dengan berbagai kegiatan seperti festival kopi, kuliner tradisional, tarung kerbau, berbagai lomba, hingga festival kembang api. Lovely Toraja sudah diadakan sejak tahun 2010 yang bermaksud sebagai rasa syukur atas segala potensi kekayaan yang ada di Toraja. Festival ini juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar masyarakat Toraja.

Maluku

Ada yang menarik di Kabupaten Maluku Tengah, Maluku yaitu sebuah tradisi menjelang tahun bernama badendang rotan. Tradisi ini sudah ada secara turun temurun sebagai suatu hiburan dan disisi lain bertujuan untuk memperkuat nilai solidaritas antar warga. Pelaksanaan tradisi ini biasanya yatu sore hari setelah merayakan tahun baru, yaiu tepatnya tanggal 1 Januari. Tradisi ini murni sebuah pertandingan yang mirip dengan tarik tambang ala orang maluku. Sebab tambanganya terbuat dari rotan yang dianyam.

NTT

Siapa yang tak kenal dengan Raja Ampat? Objek wisata terkenal yang berada di Nusa Tenggara Timur ini menjadi salah satu tujuan berlibur di malam tahun baru. Di tahun ini, Raja Ampat gencar mengadakan event-event untuk menarik pengunjung. Mulai dari festival budaya, kuliner, dan menjadi puncaknya adalah Festival Semarak Tahun Baru Raja Ampat. Acara ini akan digelar tanggal 30-31 Desember 2017 mendatang. Selain bias menikmati alamnya yang luar biasa indah, Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini