Tradisi Unik Tahun Baru di Prancis

Dada Sathilla, Jurnalis · Sabtu 30 Desember 2017 06:59 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 29 406 1837449 tradisi-unik-tahun-baru-di-prancis-tdMrTmjVEw.jpg Malam Tahun Baru di Prancis (Foto: Istimewa)

BILA warga Paris atau Parisian punya cara sendiri dalam merayakan tahun baru, orang Prancis pada umumnya juga memiliki tradisi khusus saat merayakannya. Tak cuma bersenang-senang namun mereka juga berbagi ke sesama. Berikut beberapa tradisi orang Prancis dalam merayakan tahun baru.

1. Mengirim kartu ucapan tahun baru

Orang Prancis tak memiliki tradisi mengirim kartu ucapan saat Natal. Tapi mereka mengirimkannya saat tahun baru. Meski masih hangover setelah pesta semalam suntuk biasanya mereka akan meluangkan waktu menulis kartu ucapan. Meski di zaman modern ucapan bisa dikirimkan lewat email atau aplikasi messenger, mengirim kartu ucapan tetap jadi pilihan apalagi bagi orang terdekat karena dirasa lebih spesial. Kartu tahun baru biasanya diberikan ke keluarga atau teman saat makan siang bersama pada 1 Januari atau dikirimkan selama bulan Januari.

2. Memberikan hadiah uang

 

Pada awalnya orang Prancis memberikan uang atau permen kepada anak-anak atau kerabat saat tahun baru. Namun sekarang tradisi ini lebih umum dilakukan dengan memberikan hadiah uang kepada mereka yang sering membantu atau sering bekerja bersama seperti petugas kebersihan, tukang pos, pengambil sampah serta concierge. Selain memberikan uang, orang Prancis juga suka memberikan hadiah kepada teman pada hari pertama tahun baru, juga menerima hadiah tentunya.

3. Makan Galette des Rois atau kue raja

Hari libur tahun baru dirayakan orang Prancis hingga tanggal 6 Januari dimana mereka merayakan hari Epiphany, yaitu hari dimana 3 raja memberikan hadiah kepada bayi Jesus. Pada hari ini orang Prancis banyak yang memakan Galette des Rois atau kue raja dimana di dalam kue tersebut ada miniatur plastik di dalamnya. Meski bahaya buat kesehatan, memakan Galette des Rois termasuk tradisi bagi orang Prancis.

4. Menyaksikan pidato presiden Prancis

Seperti di beberapa negara Eropa lainnya, orang Prancis mengawali perayaan tahun baru dengan menonton pesan-pesan tahun baru dari presiden Prancis di televisi. Pidato presiden dimulai pada jam 20.00 malam dari Palais de l'Elysee.

5. Pesta tahun baru di rumah

Tak semua orang suka merayakan tahun baru dengan berpesta di luar atau di klub. Banyak pula yang memilih mengadakan pesta tahun baru di rumah. Meski diadakan dirumah pesta tahun baru di Prancis tetap seru karena setiap tamu yang datang diwajibkan mengenakan kostum. Kalau tak memakai kostum pun paling tidak mesti berdandan dan memakai pakaian pesta.

6. Makan malam bersama keluarga dan teman

Seperti halnya di negara-negara lainnya, perayaan tahun baru di Prancis juga diisi dengan makan malam bersama keluarga, teman atau orang terdekat. Uniknya di Prancis jumlah makanan yang disajikan banyak sekali hingga memerlukan waktu berjam-jam untuk menghabiskannya. Makanan yang disajikan biasanya foie gras, kalkun, kaviar, tiram, dan daging angsa. Sementara minuman pendampingnya adalah sampanye.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini