Area Sawah dan Ladang Berundak di Majalengka Indahnya Mirip Bolu Lapis Pandan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 05 Januari 2018 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 05 406 1840525 area-sawah-dan-ladang-berundak-di-majalengka-indahnya-mirip-bolu-lapis-pandan-SqHJ0n7zx8.jpg Bukit Panyaweuyan Agrapura Majalengka (Foto: Instagram/Agunpriyatna)

MAJALENGKA oleh sebagian besar masyarakat Indonesia dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki banyak penggemar musik dangdut. Tapi, bagi traveler daerah tersebut bisa jadi tempat liburan paling tepat.

Bagaimana tidak, daerah yang juga populer dengan produksi gentengnya itu memiliki satu destinasi wisata yang membuat pelancongnya bisa merasakan secuil Pulau Dewata di Jawa Barat. Tentu, destinasi ini dapat jadi pilihan tepat bagi traveler yang punya bujet sedikit tapi ingin merasakan nuansa area persawahan dan ladang layaknya Bali.

BACA JUGA:

Kabupaten yang berada di sisi timur bersebelahan dengan Kabupaten Kuningan tersebut terdapat sebuah persawahan yang mampu menyihir mata para traveler. Bagaimana tidak, area persawahan dan ladang yang membentang di kawasan kaki Gunung Ciremai memiliki gradasi warna, bentuk terasering yang memukau, dan udara yang sejuknya bisa melunturkan penat.

 

(Foto: Instagram @agunpriyatna)

Ladang yang berbentuk undakan akan memanjakan mata Anda. Bentuk undakan tersebut dibuat karena kontur tanah yang ada di lokasi merupakan bidang miring yang kemiringannya berkisar antara 25 hingga 40 derajat. Jadi, ketika Anda berada di sana hampir semua lahan dibuat undakan, yang tampak seperti tangga berlapis permadani hijau alami menyejukkan mata.

Udara sejuk juga Anda dapatkan tatkala berada di atas undakan. Dari ketinggian antara 400 hingga 2000 meter di atas permukaan laut, Anda bisa melempar pandangan mata sejauh-jauhnya tanpa penghalang, dan hanya akan ada ladang, ladang, dan ladang yang berundak-undak hijau membentuk terasering indah bukan kepalang. Oleh karena keindahan yang tiada tara tersebut, para pelancong yang telah datang berkunjung dan netizen menyebut area persawahan dan ladang di Kabupaten Majalengka, Kecamatan Argapura seperti bolu lapis pandan.

Bagi Anda yang selalu haus dan memburu lokasi foto yang apik, maka lokasi ini sangat tepat dan akan memuaskan dahaga fotografi Anda. Bahkan, lebih dari itu, destinasi yang dikenal dengan nama Bukit Panyaweuyan tersebut juga cukup dekat dengan Air Terjun Muara Jaya.

 

(Foto: Instagram @agunpriyatna)

Jadi, berminat untuk menyaksikan langsung hamparan permadani dengan gradasi warna hijau memukau ala Majalengka? Aksesnya cukup mudah, Anda tinggal menuju ke Terminal Maja kalau dari arah Majalengka. Lalu, mengikuti arah ke Argalingga sampai di pertigaan Sadasari-Sukasari, selanjutnya ambil kanan. Kemudian, Anda bisa belok kiri setelah dari Jembatan Cilongkrang. Jika merasa kesulitan, maka bisa bertanya pada warga setempat menuju arah Teja Permana/Cibunut atau Cibuluh.

BACA JUGA:

Meskipun jalan menuju Kecamatan Argapura cukup lebar, tapi para traveler yang telah datang ke sana menganjurkan, lebih baik menggunakan kendaraan roda 2 atau berjalan kaki ketika telah menemui kawasan pertanian. Sementara, waktu terbaik untuk melancongi sawah dan ladang Argapura ini adalah ketika pagi hari dimusim hijau. Pasalnya, udara masih sangat sejuk, belum terik, dan panorama gradasi warna hijaunya tampak lebih segar, dan lebih hijau daripada saat musim kemarau.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini