Pengen Enggak Sih Tiap Tahun Liburan? Ikuti Tips Berikut Ini

Agregasi Cermati.com, Jurnalis · Senin 08 Januari 2018 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 08 406 1841708 pengen-enggak-sih-tiap-tahun-liburan-ikuti-tips-berikut-ini-RdohBMn69u.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Di tengah kesibukan yang padat, tentunya setiap orang membutuhkan liburan yang dapat melepaskan penat dari kesibukan sehari-harinya. Mulai dari liburan dalam negeri hingga ke luar negeri dipilih untuk melarikan diri dari kehidupan sehari-hari.

Namun, berlibur bukanlah hal yang murah, tentunya membutuhkan biaya untuk akomodasi, perjalanan, dan lainnya. Meskipun begitu, bukan berarti Anda tidak bisa berlibur dan menikmati sejenak waktu luang. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, Anda bisa menikmati liburan setiap tahunnya. Bagaimana caranya? Lakukan tips berikut ini.

1. Buat Rencana Perjalanan

Hal pertama yang perlu Anda buat adalah mengenai rencana perjalanan Anda. Buatlah secara detail, lengkap, dan terarah. Mulai dari tanggal keberangkatan, destinasi wisata, hingga kegiatan apa saja yang dilakukan di tempat wisata tersebut.

Terlebih dahulu tentukan waktu wisata yang Anda inginkan. Tentunya hal ini harus disesuaikan dengan kesibukan Anda. Tetapkan tanggal berlibur yang tepat dan berapa lama waktu Anda akan berlibur. Dengan mengetahui berapa lama waktu berlibur, Anda bisa menentukan tujuan traveling. Entah wisata yang dekat-dekat saja ataupun yang jauh sekalipun.

Dengan mengetahui jumlah hari libur yang dimiliki, Anda kemudian bisa menentukan berapa hari akan traveling dan menentukan tujuan traveling. Entah destinasi wisata yang jauh atau yang dekat-dekat saja.

Setelah itu, tentukan tujuan destinasi wisata yang Anda inginkan. Bila memiliki waktu berlibur yang cukup lama, mungkin Anda bisa mencoba untuk berlibur ke tempat-tempat yang jauh ataupun ke luar negeri. Namun, jika hanya memiliki waktu berlibur yang cukup sedikit, mungkin Anda bisa mencoba menikmati wisata yang dekat-dekat saja, tapi tetap dapat dinikmati bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Setelah menentukan waktu berlibur dan destinasi wisata yang Anda tuju, mulailah merangkum semua kegiatan wisata tersebut. Mulai dari biaya yang dibutuhkan hingga destinasi-destinasi wisata yang akan dikunjungi. Cari tahu informasi sedetail mungkin mengenai informasi wisata-wisata tersebut dan buatlah timeline-nya.

Namun, kalau tidak memiliki banyak waktu menyusun rancangan liburan, Anda bisa mencoba untuk mengikuti open trip ataupun liburan yang disusun agen travel. Anda bisa mendiskusikan dan menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki.

2. Budget-kan Setiap Perjalanan yang Akan Dilakukan

Jangan lupa untuk menentukan batasan maksimum dari perjalanan yang Anda lakukan. Entah itu perjalanan dalam negeri ataupun luar negeri. Dengan melakukan hal tersebut, Anda tentunya memiliki target menabung yang jelas setiap bulannya.

Jangan lupa untuk selalu mencari harga terbaik. Mulai dari hotel, tiket transportasi, hingga yang lainnya. Saat ini banyak aplikasi pemesanan online yang dapat Anda manfaatkan untuk selalu up to date mengenai harga-harga terbaik dari wisata yang akan Anda kunjungi nantinya.

3. Buat Tabungan Khusus untuk Liburan

Untuk memudahkan mengumpulkan biaya liburan, tidak ada salahnya jika Anda membuat tabungan yang khusus untuk liburan. Pisahkan tabungan ini dengan tabungan untuk keperluan sehari-hari sehingga nantinya Anda lebih mudah untuk menabung biaya liburan ataupun membayar tagihan-tagihan bulanan tanpa saling mengganggu satu sama lainnya.

Dengan adanya tabungan khusus ini, Anda bisa mengecek langsung berapa banyak uang yang sudah disisihkan sebagai biaya liburan. Cara ini juga akan menuntut Anda untuk lebih disiplin dalam menabung. Anda bisa menggunakan fitur autodebet dan tabungan berjangka waktu tertentu yang semakin mempermudah Anda menabung biaya liburan.

4. Memasukkan Bonus dan THR ke Rekening Tabungan

Tidak ada salahnya jika Anda menabung bonus-bonus dan THR yang didapatkan, hal ini akan semakin mempercepat dana tabungan cepat terkumpul. Jika dirasa agak berat, Anda bisa menyisihkan 50% dari bonus yang Anda dapatkan. Dibandingkan harus membelanjakan untuk hal-hal yang tidak penting, Anda bisa menabungnya untuk biaya liburan Anda.

5. Cari Pemasukan Tambahan

Jika dirasa pemasukan bulanan yang Anda dapatkan tidak cukup untuk mengumpulkan biaya liburan, tidak ada salahnya jika mencari pemasukan tambahan untuk mempercepat saldo tabungan terkumpul. Dana tambahan ini bisa didapatkan dari penghasilan sampingan yang Anda lakukan.

Anda bisa mencoba untuk bekerja sebagai freelance ataupun pekerjaan yang dilakukan pada akhir pekan yang tidak akan mengganggu pekerjaan utama. Mulai dari ojek online, penulis freelance, desainer freelance, dan lainnya dapat Anda lakukan asalkan tidak mengganggu kesibukan utama.

Lakukan Penghematan dalam Setiap Pengeluaran

Cobalah untuk melakukan penghematan dalam setiap pengeluaran yang Anda lakukan. Pangkas pos-pos pengeluaran yang sekiranya tidak terlalu penting. Alihkan pengeluaran tersebut ke dalam tabungan liburan Anda. Dengan penghematan tersebut, tentunya tabungan liburan akan lebih banyak terkumpul dan bisa Anda nikmati untuk berlibur bersama keluarga ataupun orang-orang terdekat.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini