Candi Sambisari, Dulu Tersembunyi Kini Berseri

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 09 Januari 2018 05:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 08 406 1841930 candi-sambisari-dulu-tersembunyi-kini-berseri-4EcoKg4Q91.jpg Candi Sambisari (Foto: Instagram/@nomo_b65)

NAMA Candi Sambisari tidak menggema seperti Candi Prambanan atau Candi Borobudur yang sudah lebih dulu mendunia. Wajar saja, pasalnya Candi Sambisari memiliki sejarah yang cukup panjang sebelum akhirnya ditemukan.

Selama berabad-abad Candi Sambisari terkubur di dalam tanah hingga akhirnya ditemukan oleh seorang petani secara tidak sengaja. Bila rupa sebagian besar candi di Indonesia sama tingginya dengan tanah, tidak bagi candi yang berada di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta itu.

Pasalnya, disaat nama Prambanan dan Borobudur sudah menggaung, Candi Sambisari justru masih tenang berselimut tanah. Barulah pada 1996 candi ditemukan, hingga saat ini berdiri dengan posisi lebih rendah permukaannya dari tanah.

 

Dari sumber yang dirangkum Okezone, Selasa (9/1/2018), Candi Sambisari perlahan telah menarik perhatian traveler yang tidak hanya berasal dari dalam negeri, tapi juga luar negeri. Candi Sambisari termasuk candi Hindu, sebab diperkirakan dibangun oleh Rakai Garung, seorang Raja Mataram Hindu dari Wangsa Syailendra abad 19.

Lebih dalam mengenal Candi Sambisari, kabarnya menurut traveler yang sudah melancong, jika hendak mengunjungi candi, Anda harus menyiapkan fisik yang prima dan mengenakan alas kaki yang nyaman, hindari memakai sepatu berhak tinggi. Pasalnya, jalan menuju candi cukup curam, anak-anak tangga yang terbentang harus lebih dulu Anda lalui dengan hati-hati.

Tapi, Anda tidak perlu khawatir, sebab rasa letih dan titian langkah Anda akan terbayar dengan eksotisme Candi Sambisari yang unik, berada di bawah permukaan tanah sedalam 6,5 meter. Candi Sambisari sepintas tampak seperti istana yang berada di tengah taman, jadi Anda bisa bayangkan begitu indahnya rupa candi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini