Katedral Cologne, Gereja Gothic yang Memukau Tertinggi ke-4 di Dunia

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 15 Januari 2018 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 14 406 1844844 katedral-cologne-gereja-gothic-yang-memukau-tertinggi-ke-4-di-dunia-PJqjgnmIeX.jpg Katedral Cologne (Foto: Cologne cathedral)

BANYAK kota di Jerman yang bisa dipilih sebagai destinasi traveling. Salah satunya adalah kota Cologne yang terkenal akan kemegahan katedralnya, Kolner Dom atau katedral Cologne. Gereja gothic yang sangat memukau ini merupakan katedral tertinggi keempat di dunia. Uniknya, pembangunan Kolner Dom memakan waktu hingga ratusan tahun.

Cukup lama saya mengagumi keindahan Kolner Dom atau katedral Cologne dari foto-foto di internet. Makanya saat traveling ke Eropa bulan lalu, saya memutuskan mengunjungi Cologne. Saya menggunakan flix bus dari Brussels, Belgia untuk menuju Cologne. Perjalanannya sendiri memakan waktu sekitar 4 jam.

 

Tujuan utama saya adalah mengunjungi Kolner Dom atau katedral Cologne yang menjadi ikon kota ini. Ternyata katedral ini mudah dicapai karena lokasinya tepat berada di pusat kota, tepatnya persis di seberang Haupfbanhof atau stasiun pusat Cologne.

Kolner Dom atau katedral Cologne bergaya arsitektur gothic yang didominasi warna keabuan. Katedral setinggi 157,38 meter ini merupakan katedral tertinggi keempat di dunia. Tak cuma menjadi ikon kota Cologne, katedral Cologne juga menjadi landmark Jerman yang paling sering dikunjungi. Sekitar 20.000 pengunjung mengunjungi katedral Cologne setiap harinya.

Disebut sebagai katedral gothic tercantik di dunia, sebenarnya katedral Cologne memerlukan waktu 632 tahun hingga selesai dibangun. Sempat mengalami kebakaran, dan juga hancur karena bom sekutu pada perang dunia kedua, katedral Cologne akhirnya dibangun kembali dan selesai pada tahun 1956.

 

(Foto: Sabra Sathilla/Kontributor)

Saya mengunjungi katedral Cologne dua kali. Bagian dalamnya memang terlihat indah sekali dengan warna dominan hitam keabuan dan dipenuhi patung. Tak cuma umat Katolik Roma saja yang mengunjungi katedral Koln namun mayoritas turis yang mendatangi Cologne pasti menyempatkan diri menyaksikan kemegahan katedral Cologne.

Pengunjung juga bisa naik tangga spriral ke atas untuk menikmati suasana kota Cologne dari atas dan melihat pemandangan sungai Rhine. Sayangnya saat kunjungan saya yang kedua, petugas keamanan melarang saya masuk karena membawa koper. Hal ini merupakan bagian dari upaya menjaga keamanan dan menghindari terorisme.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini