7 Langkah Selamatkan Diri saat Gempa Bumi, Kuncinya Jangan Panik

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 24 Januari 2018 11:48 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 24 406 1849455 7-langkah-selamatkan-diri-saat-gempa-bumi-kuncinya-jangan-panik-wKwS5MzSMh.jpg Tips selamatkan diri saat gempa bumi (Foto:Okezone)

BELAKANGAN ini, Indonesia tengah dilanda bencana, seperti gempa bumi. Kemarin, di Banten terjadi gempa bumi yang getarannya terasa hingga ke DKI Jakarta.

Semua orang panik menghadapi gempa dengan kekuatan 6,4 skala richter tersebut. Apalagi bagi pekerja kantoran yang berada di gedung tinggi. Pelan-pelan mereka turun lewat tangga darurat untuk mengamankan diri.

Belum lagi, masyarakat yang tinggal di dalam rumah, menghadapi hal serupa yang membuat mereka khawatir. Nah, sebenarnya ada hal yang harus dilakukan sebagai langkah penyelamatan diri.

Berharap hari ini tidak ada kejadian serupa yang membuat banyak orang cemas. Agar tidak panik, berikut tips menyelamatkan diri saat gempa bumi terjadi, yang dirangkum Okezone, Rabu (24/1/2018).

BACA JUGA:

Bohlam Pertama Masjid Nabawi Ditemukan, Sejarahnya Mesti Tahu!

Menjauh dari jendela saat di dalam gedung

Saat gempa terjadi jangan langsung panik ya. Coba merunduk, lindungi kepala dan bertahan di tempat aman. Jauhi jendela yang mudah retak, beranjaklah ke tempat aman meskipun masih di dalam ruangan. Tetap diam sampai guncangan mereda. Matikan listrik dan kompor gas agar tetap aman.

Saling menolong

Terapkan sifat gotong royong saat gempa terjadi. Meski Anda telah mengevakuasi diri sendiri, pastikan untuk menolong orang lain. Prioritaskan ibu hamil, ibu membawa anak, lansia, hingga para difabel. Hal ini penting diterapkan agar bisa mengamankan orang lain yang butuh pertolongan.

Berdoa

Berdoalah saat gempa bumi terjadi agar tidak panik. Bagi Muslim, paling mudah yakni istighfar supaya hati tetap tenang. Sembari menyelamatkan diri, berdoalah supaya Tuhan melindungi.

Berdiam di tempat tidur

Saat Anda sedang istirahat di tempat tidur, jangan langsung beranjak saat guncangan masih kecil. Berdiam diri saja, lalu lindungi kepala dengan bantal. Cara ini juga dilakukan untuk mencegah sakit kepala.

Di luar ruangan

Saat terjadi gempa dan Anda posisinya berada di luar ruangan, jauhi tempat yang rawan rubuh. Jangan berlindung di bawah pohon, di bawah atap bangunan yang mudah rapuh, hindari kabel. Pada intinya, rapatkan diri ke tanah yang lebih aman.

BACA JUGA:

Kate Middleton Ingin Lahirkan Anak Ketiga di Rumah

Saat di dalam mobil

Berjalanlah pelan-pelan saat berada di dalam kendaraan. Tetap berkendara aman dan jangan panik. Kalau guncangan semakin parah, berhenti dan cari tempat yang aman. Keluar dari kendaraan untuk mengevakuasi diri sendiri atau penumpang lain dalam kendaraan.

 

Beri tahu keluarga

Pastikan saat gempa terjadi, berkomunikasilah dengan keluarga. Pastikan bahwa diri Anda tetap aman dan sudah terlindung dari gempa. Meski terkadang jaringan telefon menghilang, tapi tetap beri kabar pelan-pelan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini