Kunjungi Cologne, Pusatnya Oleh-Oleh dengan Harga Murah di Jerman

Dada Sathilla, Jurnalis · Kamis 25 Januari 2018 19:28 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 25 406 1850177 kunjungi-cologne-pusatnya-oleh-oleh-dengan-harga-murah-di-jerman-x8pCxSAGca.jpg Kota Cologne (Foto: Dada Sathilla/Okezone)

LIBURAN ke Eropa memang tak semurah liburan di Asia. Nilai tukar rupiah terhadap euro yang lemah menjadi salah satu penyebabnya. Terus bagaimana bila tetap ingin shopping di Eropa, juga beli oleh-oleh?

Di kota Cologne, Jerman ada sebuah shopping street dengan toko bermerek yang harganya terjangkau. Jerman memang dikenal sebagai negara di Eropa yang biaya hidupnya tak semahal negara-negara Eropa lainnya. Saat harga roti di Amsterdam mencapai 3 euro atau sekira Rp49 ribu, di kota Cologne harganya hanya 1,5 euro atau sekira Rp25 ribu. Saya merasakan sendiri hematnya Cologne saat traveling kesana bulan lalu.

Bila harga makanan dan biaya hidup lebih rendah tentunya harga barang-barang sekunder pun mengikuti. Iseng saya mengunjungi Neumarkt, sebuah jalan kecil yang dipenuhi toko, kafe dan restoran. Di sini saya menemukan department store Primark. Toko dari Irlandia ini seakan menjadi surga para turis karena hampir semua barang disini dijual sangat murah.

 (Baca Juga: Intip Mewahnya Pesta Ulang Tahun ke-18 Cucu Presiden Duterte)

Saya menemukan jaket seharga 5 euro atau sekitar Rp82 ribu. Sementara alat pelurus rambut dijual dengan harga 14 euro atau Rp230 ribu saja. Kosmetik dihargai mulai dari 1 euro atau Rp16 ribu. Untuk oleh-oleh pun ada banyak pilihan, mulai dari suvenir hingga pakaian.

Saya memilih membeli kaos bertema kota Cologne sebagai oleh-oleh. Ternyata harganya pun lumayan murah yaitu hanya 3 euro atau Rp49 ribu. Aneka cokelat dan permen pun juga ada di Primark. Primark tak cuma bisa ditemukan di Cologne tapi di hampir setiap kota besar di Eropa. Hanya saja lokasinya belum tentu di pusat kota. Primark di Milan dan Vienna contohnya, tokonya berada di pinggiran kota.

 (Baca Juga: Tuan Rumah Olimpiade Musim Dingin, Korsel Siapkan Beragam Festival untuk Wisatawan)

Selain di jalan Neumarkt lokasi shopping lainnya di Cologne berada di jalan Schildergasse. Jalan ini disebut sebagai shopping street tersibuk di Eropa. Ada sekira 13 ribu orang yang lalu lalang di Schildergasse setiap jamnya.

 

Shopping street yang sudah ada sejak masa Romawi ini dipenuhi dengan berbagai department store dan merek internasional seperti Desigual, Adidas, Puma, Esprit, Tommy Hilfiger hingga Hardrock Cafe. Stasiun utama Cologne juga memiliki sebuah department store yang menarik untuk didatangi.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini