Duh, Biaya Penerbangan Haji dan Umrah Semakin Tinggi

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Jum'at 26 Januari 2018 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 26 406 1850831 duh-biaya-penerbangan-haji-dan-umrah-semakin-tinggi-MqRcN2nYPr.jpg Foto: Ilustrasi

JAKARTA - Penyelenggara ibadah haji khusus (PIHK) terus berbenah untuk mempersiapkan pelayanan yang terbaik pada pelaksanaan ibadah umrah dan haji tahun 2018.

Akibat melambungnya komponen biaya perjalanan ibadah umrah maupun haji khusus, dalam hal biaya penerbangan, Biro Perjalanan Haji Khusus dan Umrah, sejumlah PIHK mengambil langkah dengan melakukan sewa atau carter terhadap dua unit pesawat berbadan lebar jenis Boeing747-400.

Nantinya, pesawat tersebut selain digunakan untuk menerbangkan jamaah dari Maktour, dan juga akan digunakan oleh seluruh biro umrah dan haji khusus di Indonesia.

"Kami telah menyewa dua pesawat paling baru dengan kapasitas 501 penumpang buatan 2004. Dan akan kita pakai selama lima tahun ke depan untuk melayani jamaah umrah dan haji khusus," ujar Direktur Utama PT Maktour Fuad Hasan Mahsyur dilansir Sindonews, Jumat (26/1/2018).

Fuad mengatakan, dari dua pesawat tersebut, nantinya yang akan digunakan untuk operasional hanya satu pesawat saja. Sedangkan satu lainnya digunakan sebagai cadangan jika pesawat utama terkendala. Saat ini Maktour sedang menunggu izin untuk jadwal penerbangan. "Saat ini, kami sedang mengurus izin awal penerbangan dua kali satu pekan. Mudah-mudahan pada Februari mendatang akan terbang perdana," jelasnya.

Ditambahkan Fuad, alasan pihaknya mencarter dan membuka jasa layanan penerbangan adalah untuk menjawab permasalahan masyarakat yang selama ini terjadi dalam pemberangkatan calon jamaah umrah. Apalagi kabar terakhir, ada sekitar 100 ribu korban jamaah umrah terlantar.

Dalam hal ini, dia akan menawarkan jasa penerbangan umrah dengan biaya murah tetapi dengan layanan maksimal. Selama ini komponen terbesar dalam biaya umrah adalah pada transportasi khususnya penerbangan, yang menelan hingga 60 persen.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini