Share

Tips Rencanakan Liburan Seru ala Artika Sari Devi

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 30 Januari 2018 19:41 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 30 406 1852318 tips-rencanakan-liburan-seru-ala-artika-sari-devi-Znhw8WaT82.jpg Artika Sari Devi (Foto: Instagram)

SALAH satu peran ibu di rumah adalah sebagai organisator. Sebagai contoh, ketika keluarga hendak melakukan perjalanan liburan, ibu biasanya yang menyusun rencana objek wisata yang akan dikunjungi dan berbagai keperluan lainnya. Hal ini turut dirasakan oleh artis Artika Sari Devi.

Istri dari musisi Baim itu menceritakan pengalamannya merancang liburan keluarga saat di Jepang. Ya, keluarga ini memang sempat menghabiskan libur awal tahunnya di negeri sakura selama beberapa hari.

Dalam akun Instagram pribadinya @artikasaridevi, ibu dua orang anak itu menulis, "Hari ke-8 trip kami di Jepang beberapa waktu lalu adalah mengunjungi 3 kota (Nara, Kyoto, Osaka) dalam 1 HARI (rekor hari terlelah tapi seru!). Sebagai perencana liburan di keluarga kami, rencana ini sudah saya tawarkan ke semua personil (suami, Abbey, dan Zoe) dan disepakati bersama."

 BACA JUGA:

Indahnya Taman Laut Perairan Meko Flores Timur

Bagi Tika, sapaan akrabnya, liburan ke luar negeri tidak harus selalu ikut tur atau meminta bantuan agen perjalanan selama persiapan dilakukan dengan matang. "Buat saya lebih memudahkan kalo membuat itinerary minimal 2 bulan sebelumnya. Jadi sampai di negara tujuan kita ngga buang waktu percuma karena clueless mau ke mana dan ngapain," terangnya seperti yang dikutip Okezone, Selasa (30/1/2018).

Perempuan berambut pendek itu menyarankan sebelum melakukan perjalanan sebaiknya mencari informasi penting mengenai objek wisata yang akan dikunjungi. Ada empat hal yang menurutnya terpenting. Pertama, aktifitas menarik yang bisa dilakukan di objek wisata, terutama di tempat bersejarah atau tempat hiburan.

 

Kedua, jam buka dan tutup objek wisata sehingga kedatangan tidak sia-sia. Ketiga, akses pulang dan perginya. Ia pun mencontohkan pengalaman pribadinya. "Karena kami lebih banyak naik kereta shinkansen, supaya lebih mudah dari awal kami perlu tau berangkat dari stasiun mana dan turun dimana, lama perjalanan, exit menuju lokasinya, dan apakah setelah keluar dari stasiun bisa ditempuh dengan berjalan kaki menuju lokasi tujuan," jelas Tika.

Terakhir, ia menyarankan bagi ibu yang membawa anak kecil agar mengetahui dengan pasti lokasi tempat menjual makanan dan toilet. "Biasanya saya cari infonya lewat web resmi tempat tujuan atau baca di blog traveler," tambah Tika.

 BACA JUGA:

Aneh, Pulau Tak Berpenghuni Ini Selalu Diselimuti Awan Tebal

Hal lain yang perlu menjadi pertimbangan bagi Tika adalah dokumentasi foto selama liburan. Dirinya memilih untuk menyewa jasa fotografer perjalanan. Apalagi sekarang ini sudah banyak vendor yang menawarkan hal tersebut. "Pada akhirnya semua pengalaman seru dan happy ini nantinya akan jadi kenangan di masa depan," pungkasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini