Share

Fenomena Gerhana Bulan Total Penduduk Nepal Dilarang Makan, Tidur dan Buang Hajat

Dada Sathilla, Jurnalis · Kamis 01 Februari 2018 08:11 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 01 406 1853028

SUPER blue blood moon atau gerhana bulan total baru saja terjadi di berbagai belahan dunia. Bila di Amerika Serikat dan Kanada fenomena alam langka ini disaksikan saat subuh, di negara-negara Asia super blue blood moon terjadi pada malam hari. Tak terkecuali di Nepal. Uniknya, di Nepal super blue blood moon dirayakan dengan mengikuti sejumlah tradisi Hindu.

Super blue blood moon terjadi di Nepal pada 31 Januari 2018 pukul 05.33 sore hingga 08.56 malam waktu setempat. Pada fenomena alam langka ini bulan berada pada posisi terdekat dengan bumi hingga terlihat 30 persen lebih terang dan 14 kali lebih dekat ke bumi daripada biasanya. Fenomena ini disebut supermoon.

Di Nepal sendiri, super blue blood moon dirayakan dengan cara khusus. Berbeda dengan negara lainnya dimana masyarakat berbondong-bondong datang ke tempat terbuka untuk melihat super blue blood moon dan mengabadikannya, di Nepal warga merayakannya dengan mengikuti tradisi agama Hindu.
Warga Nepal merayakannya dengan cara tidak makan, tidak minum, tidak tidur, bahkan tak ke toilet saat super blue blood moon terjadi. Aturan ini berlaku bagi anak kecil, orang tua hingga orang sakit. Mereka tak boleh makan maupun tidur sejak 9 jam sebelum super blue blood moon terjadi dan mesti menjaga perilaku.
Hal ini karena super blue blood moon kali ini terjadi bersamaan dengan hari terakhir festival Swasthani Vrata, salah satu festival Hindu terbesar di Nepal. Super blue blood moon yang terjadi kali ini merupakan yang pertama setelah 152 tahun. Super blue blood moon terakhir kali terjadi pada 31 Maret 1866. 
Hal ini berbeda dengan di Indonesia dimana super blue blood moon terakhir kali terjadi pada tahun 1982. Meski begitu super blue blood moon tetaplah merupakan fenomena alam langka yang menarik perhatian masyarakat sekaligus tanda kebesaran sang pencipta.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini