Menyapa Pulau Berhala yang Ramah untuk Wisatawan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 02 Februari 2018 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 02 406 1853882 menyapa-pulau-berhala-yang-ramah-untuk-wisatawan-hesHYSQqRu.JPG Pulau Berhala di ujung Sumatera Utara (Foto:Ksmtour)

UNIK memang namanya, Pulau Berhala. Pulau yang juga berada terluar dari wilayah Indonesia ini masih termasuk dalam wilayah Sumatera Utara.

Tidak seperti Pulau Rondo yang dijuluki Pulau Mati karena kondisinya yang tidak memungkinkan untuk dihuni, Pulau Berhala cukup baik keadaannya dan bersahabat untuk dikunjungi wisatawan dalam maupun luar negeri. Meskipun letaknya terluar, tapi untuk mencapai Pulau Berhala, travelers tidak perlu melewati gulungan ombak yang tinggi, sebab masih relatif rendah.

BACA JUGA:

Kampanye Satu Pulau Satu Suara, Aksi Bersih-Bersih Bali Secara Massal

Informasi yang dihimpun Okezone dari berbagai sumber,  Jumat (2/2/2018), Pulau Berhala berada di kawasan perairan Selat Malaka dengan kondisi perairan yang relatif tenang dan cukup jernih. Meskipun dalam kondisi cuaca buruk, tinggi gelombang hanya mencapai 435 sentimeter saja. Terdengar menyenangkan, bukan?

Nah, bagi Travelers yang berminat mengunjungi Pulau Berhala dan merasakan sensasi berlibur di pulau terluar Indonesia, perjalanan menuju Pulau Berhala bisa dimulai dari pelabuhan di pantai timur Sumatera Utara, seperti Pantai Cermin, Serdang Bedagai, dan Pelabuhan Tanjung Tiram di Kabupaten Batubara. Dengan jarak selama empat hingga lima jam perjalanan berlayar dengan kapal, pulau tak berpenghuni itu pun bisa Anda capai.

Menurut traveler yang pernah menyambangi Pulau Berhala, Anda yang berencana ingin menginap di sana bisa menyewa mess marinir atau membawa perlengkapan kemah sendiri, seperti tenda dan perlengkapan memasak lainnya. Pasalnya, di pulau ini tidak terdapat warung penjual makanan atau minuman. Jadi Anda harus siap dengan membawa perbekalan sendiri untuk bertahan hidup selama di sana.

BACA JUGA:

Terowongan Cinta Ukraina, si Cantik Nan Sejuk Tapi Berbahaya

Dengan berlibur dan berkemah di Pulau Berhala Anda dan teman-teman bisa merasakan hidup bebas di alam, tanpa terganggu oleh teknologi kekinian. Suasana sunyi dan damai bisa amat Anda rasakan ketika berada di Pulau Berhala.

Topografinya yang bergunung dengan hutan lebat dan pantai berpasir putih sebagian berbatu bisa membuat Anda merasakan benar-benar kembali ke alam yang masih natural. Datanglah ke Pulau Berhala saat awal atau akhir tahun, karena jika beruntung Anda bisa menyaksikan penyu-penyu singgah di pulau untuk bertelur. Bagaimana, tertarik untuk menjajal?

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini