Menpar Berharap Potensi Wisata Sumatera Barat Bisa Lebih Digali Lagi

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 07 Februari 2018 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 07 406 1855969 menpar-berharap-potensi-wisata-sumatera-barat-bisa-lebih-digali-lagi-zGM92fUJYc.jpg Rumah gadang (Foto: Wikiwand)

SUMATERA Barat menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki potensi wisata yang besar. Namun, provinsi yang terkenal dengan rendang sebagai kuliner terenak di dunia tersebut, belum terlalu populer bidang pariwisatanya.

Hal serupa pernah dialami oleh Indonesia dimasa lalu. Sebab, Bali menjadi lebih terkenal daripada Indonesia di mata wisatawan dunia.

 BACA JUGA:

Melintasi Tebing Hujan Abadi Menuju Air Terjun Panguripan di Lereng Gunung Wilis

"Indonesia sekarang melejit di mata dunia. Hal yang sama semoga bisa menginspirasi Sumatera Barat, karena juga memiliki potensi besar tapi kemampuan koordinasi tidak terlalu baik," ujar Arief Yahya, Menteri Pariwisata Republik Indonesia, dalam pemaparannya di acara Seminar Nasional bertema "Menata Potensi Wisata dan Dukungan Infrastruktur Menuju Industri Pariwisata yang Modern", Hotel Grand Inna, Padang, Rabu (7/2/2018).

Arief juga memaparkan, Sumatera Barat akan dibangun kawasan khusus di Mandeh dan Mentawai. Sumatera Barat pun bisa menjadi penghasil devisa yang bersumber dari pariwisata terbesar dan terbaik. Sebab Indonesia pun sudah menjadi yang terbaik di kawasan ASEAN.

"Sumatera Barat dalam skala yang berbeda bisa mengalahkan Indonesia dari segi potensi budaya dan alam. Jangan pernah tumbuh lebih rendah dari pasar pesan saya untuk gubernur, karena ketika memimpin perusahaan tapi tumbuh lebih rendah dari pasar, artinya kita sedang membawa perusahaan kepada kehancuran," tambahnya.

Selain itu, Arief juga berpesan pada pemerintah daerah Sumatera Barat agar tidak memuji daerah sendiri, karena hal tersebut bisa meninabobokan daerah yang dipimpin. Ia mengibaratkan, jika seorang CEO berlari, maka perusahaannya juga akan berlari, tapi jika hanya diam, maka perusahaan pun perkembangannya tidak ada.

"Sumatera Barat jangan sampai tumbuh lebih rendah, harus dipersiapkan lebih awal. Selain pariwisata apa yang bisa dijadikan nomor satu penghasilan," lanjutnya.

 BACA JUGA:

Hati-Hati Berswafoto di Lokasi Wisata Mangunan Bantul, Rawan Bencana

Untuk menyambut kunjungan wisatawan agar lebih meningkat, salah satu yang disiapkan ialah sebuah lahan seluas 2600 hektar, di Mentawai sebagai tempat berselancar terbaik. Selain itu, Sumatera Barat memiliki potensi budaya dan alam sangat besar, sehingga bukan hal yang tidak mungkin provinsi ini bisa jadi mengungguli daerah lainnya di Indonesia.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini