Genjot Jumlah Kunjungan Wisatawan, Sumatera Barat Tata Potensi Wisata

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 07 Februari 2018 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 07 406 1855973 genjot-jumlah-kunjungan-wisatawan-sumatera-barat-tata-potensi-wisata-o6O0NLcd7q.jpg Tingkatkan jumlah wisatawan ke Sumatera Barat (Foto:Dewi)

BICARA soal Sumatera Barat, yang kali pertama terlintas pastilah kulinernya. Ya, rendang! Masakan tradisional Sumatera Barat itu sudah mendunia dan disebut-sebut sebagai makanan terenak di dunia.

Tapi, pada kenyataannya, menjadi daerah dengan kuliner terenak dan populer di dunia saja tidak cukup. Pasalnya, jumlah kunjungan wisatawan di Sumatera Barat belum mencapai angka yang diinginkan, pun menunjang perekonomian masyarakat sepenuhnya.

"Potensi wisata Sumatera Barat sangat besar, tapi belum menjamin sepenuhnya perekonomian masyarakat, karena hanya 0,05 persen saja. Sebelumnya field trip telah dilakukan pada Januari 2014 bersama PWI pusat dan pegiat pariwisata Sumatera Barat juga telah melahirkan beberapa rekomendasi yang akan ditandatangani gubernur, demi dongkrak kunjungan wisata," ucap Dr. Ir. Reti Watda. MTp, Ketua Balitbang Provinsi Sumatera Barat saat membuka Seminar Nasional yang bertema "Menata Potensi Wisata dan Dukungan Infrastruktur Menuju Industri Pariwisata yang Modern" dalam rangkaian Hari Pers Nasional 2018 bertempat di Hotel Grand Inna, Padang, Sumatera Barat, Rabu (7/2/2018).

BACA JUGA:

Demi Mirip Kylie Jenner, Wanita Transgender Ini Habiskan Rp1 Miliar Lebih

Selain itu, Reti juga mengatakan, acara seminar yang jadi salah satu rangkaian Hari Pers Nasional ini dilaksanakan, bertujuan untuk memberikan solusi pengembangan pariwisata dan merekomendasikan pengembangan pariwisata secara umum, khususnya Sumatera Barat.

Di sisi lain, Margiono, selaku Ketua Panitia Hari Pers Nasional (HPN) juga memaparkan acara seminar yang dihadiri oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya, dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, seharusnya Sumatera Barat tidak hanya meminta untuk didukung pengembangannya, tapi juga minta untuk disulap.

 

"Salah satu daerah di Sumatera Barat, akan segera dibangun kawasan khusus perekonomian dan terwujud di Sumatera Barat. Sementara, kegiatan Hari Pers Nasional, menjadi salah satu dari 10 kegiatan yang terkait pers di antara 76 acara terkait pembangunan dan pengembangan Sumatera Barat," ucap Margiono.

 BACA JUGA:

Digombalin Iqbaal Ramadhan di Dilan 1990, Ini Gombalan Favorit Vanesha Prescilla si Cantik Milea

Margiono optimis dengan melakukan pengembangan pariwisata, maka semua sektor akan terkena dampaknya. Wisata alam akan terkena dampak postif dengan meningkat angka kunjungan wisawatannya, infrastruktur juga menjadi lebih baik, sumber daya alam memiliki kemampuan lebih bagus, budaya pun lebih dikenal oleh wisatawan.

"Kegiatan Hari Pers Nasional akan lebih menunjang wisata di Sumatera barat. Sebab, di Sumatera Barat yang bisa dibanggakan kondisi balam, karena hasil alamnya hanya sedikit, sehingga sektor wisata diharapkan menunjang perekonomian di Sumatera Barat," ujar Hendra Irwan Rahim, Ketua DPRD Sumatera Barat.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini