Ingin Bersepeda di Amsterdam? Perhatikan Dulu Aturan Keselamatannya

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 07 Februari 2018 20:28 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 07 406 1856279 ingin-bersepeda-di-amsterdam-perhatikan-dulu-aturan-keselamatannya-ofw7Rih43l.jpg Bersepeda (Foto: Cityclock)

BAGI Anda yang pernah berkunjung ke Amsterdam tentu tahu bahwa masyarakat di sana menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi. Di sana, dapat dengan mudah menemukan sepeda yang dirantai ke jembatan, disandarkan ke bagian luar toko, dan disusun di tempat khusus. Masing-masing sepeda memiliki ciri khas agar pemilik mudah menemukannya.

Kebiasaan masyarakat mengayuh sepeda untuk bepergian dimulai sejak puluhan tahun lalu. Bahkan pemerintah setempat telah memberikan batas terhadap lebih dari 400 kilometer jalur sepeda di sekitaran kota. Langkah itu diambil lantaran banyak kecelakaan lalu lintas saat mengendarai sepeda.

Bila Anda berlibur ke ibukota Belanda itu, belum lengkap rasanya jika tidak mengendarai sepeda. Dengan menaiki kendaraan beroda dua itu, wisatawan dapat merasakan kehidupan lokal. Saat ini sudah banyak pihak-pihak yang menyelenggarakan tur keliling kota dengan bersepeda.

Namun, sebelum Anda mengikuti tur tersebut, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Pemerintah memang telah melakukan sejumlah cara untuk membuat pengendara sepeda merasa aman dan nyaman. Sayangnya beberapa trem dan wisatawan lain suka datang secara tiba-tiba sehingga bila tidak berhati-hati dapat membahayakan keselamatan.

Melansir Daily Mail, Rabu (7/2/2018), berikut sejumlah aturan bersepeda di Amsterdam untuk menjamin keselamatan wisatawan;  

Menggunakan jalur sepeda yang ditandai dengan area berwarna putih dan simbol sepeda di tengahnya. Bila ingin berbelok, gunakan tangan untuk memberi sinyal. Jangan bersepeda di trotoar. Jangan bersepeda di area jalan dengan penunjuk tertentu seperti tanda biru untuk orang tinggi dan pendek berjalan.

Jaga jarak dengan jalur trem sebab roda bisa tidak bergerak jika posisi sepeda berada di sudut yang salah. Melihat dua kali untuk memastikan posisi trem bila berada di persimpangan. Banyak wisatawan yang belum terbiasa bersepeda, pastikan mengamati dari segala arah.

Waspadalah terhadap wisatawan yang berjalan kaki karena mereka sering masuk ke jalur sepeda tanpa memerhatikan pengendara sepeda. Jangan sampai menabrak. Hindari bersepeda di jam sibuk yaitu 08.00-09.00 dan 17.00-18.00 karena akan banyak antrian di setiap sudut persimpangan.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini