Bayi Bekantan Lahir di Kebun Binatang Ragunan Jakarta, Lihat Kelucuannya Bikin Gemas!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 09 Februari 2018 10:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 09 406 1857016 bayi-bekantan-lahir-di-kebun-binatang-ragunan-jakarta-lihat-kelucuannya-bikin-gemas-UsYm3mvMA2.png Bayi Bekantan Lahir di Ragunan (Foto: Twitter)

KABAR baik datang dari Kebun Binatang Ragunan Jakarta. Bukan bicara mengenai jumlah pengunjung yang membeludak saat hari libur, tetapi kelahiran bekantan di kebun binatang ini berjalan lancar dan bayi hewan itu kini sudah bisa Anda lihat!

Informasi ini disebarkan oleh akun Twitter resmi Bonbin Ragunan, @ragunanzoo, Kamis malam, 8 Februari 2018. Di postingan tersebut, pihak Ragunan memberitahu bahwa 1 ekor Bekantan lahir di sana pada 27 Januari 2018. Bayi bekantan lahir dalam kondisi yang sangat sehat dan normal. Bayi bekantan itu pun sudah mulai bisa disusui oleh induknya.

Jika diperhatikan secara detail, video tersebut memperlihatkan si bayi yang sedang menyusui di atas sebuah dahan pohon yang cukup besar. Keberadaan hewan ini bisa Anda lihat di lokasi Pusat Primata Scmutzer.

Bayi bekantan yang baru lahir itu terlihat sangat mungil dan menggemaskan. Saat video ini dibuat, si bayi nampak selalu ada di dalam dekapan induknya dan seperti tidak mau meninggalkan momen tersebut, induknya pun selalu menjaga anaknya tersebut.

Yang lebih menggemaskan lagi, beberapa kali sang induk bekantan menengok ke arah kamera seperti ingin memberitahu sesuatu bahwa kebahagiaan yang dia rasakan itu teramat besar. Namun sayangnya, si bayi yang tidak dijelaskan jenis kelaminnya itu tidak menengok kea rah kamera sama sekali. Bikin penasaran!

Bicara mengenai bekantan itu sendiri, hewan ini termasuk dalam golongan hewan primata. Ciri khas dari hewan ini adalah hidungnya yang besar nan panjang dan biasanya memiliki bulu berwarna cokelat kemerah-merahan. Hewan ini berasal dari Kalimantan Selatan dan biasa dipanggil juga dengan nama monyet Belanda.

Sedikit informasi lagi, bekantan jantan ukurannya ternyata lebih besar dari bekantan betina. Bekantan jantan bisa memiliki bobot badan hingga 24 kilogram dengan panjang tubuh 75 cm. Sementara itu, untuk yang betina, mereka rata-rata memiliki berat tubuh sekitar 12 kilogram dan panjang tubuhnya hanya 60 cm.

Selain hidungnya yang mancung, bekantan ini juga punya ciri khas yaitu perut buncit. Hal ini terjadi bukan tanpa sebab, karena kebiasaan makan spesies ini cukup banyak. Selain buah-buahan dan biji-bijian, bekantan juga makan daun-daunan dan itu juga yang akhirnya membuat perut bekantan buncit. Sebab, daun yang mereka konsumsi menghasilkan gas di dalam perut dan bimsalabim perut mereka rata-rata buncit. Lucu, yaaa…

So, penasaran dengan penampakan bayi bekantan ini? tidak ada salahnya weekend ini mampir ke Ragunan!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini