Asyik, Dodol Terpanjang Sedunia Hadir di Bekasi Zaman Now

Agregasi Antara, Jurnalis · Sabtu 10 Februari 2018 08:17 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 10 406 1857519 asyik-dodol-terpanjang-sedunia-hadir-di-bekasi-zaman-now-L1TNsz13V6.jpg

BEKASI - Dodol terbesar sedunia dengan panjang 4.000 meter dan lebar 2,5 sentimeter akan segera hadir di acara Bekasi Zaman Now pada Minggu 11 Februari 2018.

Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) melibatkan 30 pengusaha untuk memproduksi dodol terpanjang di dunia versi Musium Rekor Dunia-Indonesia (Muri) itu.

"Dodol ini memiliki panjang 4.000 meter dengan lebar 2,5 centimeter yang akan kita tampilkan di acara Bekasi Zaman Now pada Minggu (11/2)," kata Ketua Umum APJI Ayu Mulyadi di Bekasi.

Menurut dia, dodol itu diklaim terpanjang di dunia yang akan memperoleh pengakuan rekor Muri dalam acara yang digelar di Jalan Boulevard Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

Ia menyebutkan, pihaknya akan mengerahkan 30 pengusaha dodol tradisional Betawi di Kota Bekasi yang mayoritasnya merupakan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

Dodol tersebut rencananya akan dibagikan kepada para pengunjung acara Bekasi zaman Now pada Minggu (11/2) pukul 16.30 WIB. "Ini adalah produk dodol percontohan pertama di Bekasi. Kota Bekasi miliki potensi bagus dalam produksi dodol," katanya.

Ayu mengatakan bahan baku yang akan digunakan salah satunya kelapa parut dengan takaran satu buah kelapa per kilogram dodol ditambah terigu. "Kita punya sistem pembuatan sendiri. Total bahan baku yang digunakan bisa mencapai ratusan kilogram," katanya.

Menurut Ayu, penampilan dodol terpanjang itu sekaligus memberdayakan para produsen dodol di Kota Bekasi yang selama ini jarang menerima pemesanan di luar Hari Raya Idul Fitri.

"Pedodol ini biasanya hanya berproduksi kalau Hari Raya Idul Fitri. Mereka jangan bekerja di hari besar saja, makanya kita libatkan dalam acara ini," katanya.

Dodol yang akan dibagikan kepada pengunjung acara yang diprediksi sebanyak 200.000 pengunjung itu memiliki rasa original Dodol Betawi.

"Selain menampilkan dodol terpanjang, kami juga menyuguhi pengunjung dengan hiburan artis nasional dari kalangan musisi dan presenter serta penyediaan sejumlah pelayanan publik dari Pemerintah Kota Bekasi, kepolisian dan lainnya," katanya.

Ketua Pelaksana Bekasi Zaman Now Centino D Kawilarang memprediksi sebanyak 200.000 orang diperkirakan akan mengunjungi kegiatan akbar bertajuk Bekasi Zaman Now. "Bekasi Jaman Now adalah 'event' kali pertama yang terbesar dalam kurun waktu 20 tahun di Kota Bekasi," katanya.

Menurut dia, jumlah pengunjung itu diproyeksikan berdasarkan situasi pada saat hari bebas kendaraan berlangsung setiap akhir pekan di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, yang mencapai 40.000-50.000 orang dengan durasi tiga jam pelaksanaan kegiatan.

"Jumlah peserta itu kami hitung dengan menerjunkan tim 'cecker' sebanyak 20 orang untuk menghitung rata-rata pengunjungnya. Jumlah ini merupakan yang terbanyak, bahkan di atas jumlah pengunjung hari bebas kendaraan di Jakarta," katanya.

Pihak penyelenggara kegiatan berencana menambah durasinya menjadi 11 jam mulai pukul 06.00-17.00 WIB untuk agenda Bekasi Zaman Now.

"Kami perpanjang durasinya tiga kali lipat dari CFD ditambah adanya sejumlah acara hiburan sehingga total pengunjung Bekasi Zaman Now kita perkirakan tembus 200.000 orang. Itu adalah jumlah jumlah 'in dan out' sepanjang acara," katanya.

Pria yang akrab disapa Tino mengaku optimistis pihaknya mampu memenuhi target jumlah pengunjung di acara tersebut melalui serangkaian acara hiburan dengan melibatkan sejumlah artis nasional.

"Kami akan bagi ke dalam enam zona acara. Zona 1A akan terpasang panggung utama seluas 8x10 meter per segi untuk penampilan artis di antaranya Cita citata, Firgoun, Rizky Febrian, penampilan Band Polwan, Band Polres Patriot dan ada juga Reog Ponorogo. Bahkan Rafi Ahmad dan keluarga juga akan memeriahkan acara ini," katanya.

Pada zona 5A akan digelar audisi Dangdut Mania, zona 5B dikhususkan untuk kawasan kuliner seperti 'food truck dan lomba masak yang melibatkan 20 kelompok.

Zona 1B adalah zona Korps Lalu Lintas untuk memperagakan 'road savety zone' dengan mengajak komunitas motor di Kota Bekasi.

"Akan ada juga penampilan Polisi Cilik yang kita undang 100 orang. Kami juga akan menampilkan dodol sepanjang 4.000 meter yang merupakan terpanjang di Indonesia," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini