5 Cara Liburan Seru dengan Budget yang Minim

Agregasi Cermati.com, Jurnalis · Jum'at 23 Februari 2018 14:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 02 23 406 1863661 5-cara-liburan-seru-dengan-budget-yang-minim-jnbxlS2cNN.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Liburan adalah kegiatan menyenangkan yang pasti dinantikan setiap orang, terutama bagi mereka yang super padat kerjanya. Namun, untuk mendapatkan liburan yang seru, pasti membutuhkan budget yang tidak sedikit.

Hal ini menyebabkan banyak sekali orang yang gagal untuk melakukan liburan yang diimpikan. Namun, siapa sangka jika liburan yang seru ternyata bisa dilakukan dengan menggunakan budget yang minim.

Jika Anda ingin melakukan perjalanan liburan yang seru dengan budget minim, simaklah lima cara berikut.

1. Buatlah Rencana Jauh Hari

Terbatasnya budget untuk berlibur membuat Anda harus cerdas dalam merencanakan perjalanan. Pertama, yang harus Anda lakukan adalah membuat catatan rincian apa saja yang dibutuhkan, dilakukan, dan memperkirakan biaya dari segala aspek. Rencanakan destinasi Anda ketika membuat rencana liburan, misalnya ke Bali.

Perkirakan pantai mana saja yang ingin Anda kunjungi dan carilah informasi tentang tiket masuk, transportasi, dan lain sebagainya. Ada baiknya jika Anda memilih tempat yang free tiket sehingga hal ini akan memudahkan untuk berkujung dan meminimalkan pengeluaran.

2. Manfaatkan Promo Tiket Pesawat

Di Indonesia kini tidak susah lagi untuk membeli tiket pesawat. Bahkan, tidak jarang penawaran tiket promo untuk liburan. Jika Anda ingin berlibur dengan bugdet yang minim, inilah saatnya untuk memanfaatkan promo tiket pesawat.

Belilah tiket promo jauh-jauh hari agar nantinya Anda tidak bingung ketika akan berangkat berlibur. Anda tidak perlu memikirkan harga tiket pesawat yang selangit karena tiket sudah Anda persiapkan jauh hari.

3. Manfaatkan Promo Harga Hotel

Selain memanfaatkan promo tiket pesawat, Anda juga bisa memanfaatkan promo harga hotel. Anda bisa mendapatkan banyak promo harga hotel di website. Tentu promo tersebut akan meringankan biaya liburan Anda, bukan?

Umumnya untuk mendapatkan promo harga hotel, Anda harus sering mengecek website tersebut lebih sering. Pesanlah tiket jauh-jauh hari agar Anda tidak bingung untuk membeli tiket menuju destinasi liburan.

4. Pilihlah Hotel yang Strategis

Salah satu hal yang harus Anda lakukan ketika akan liburan dengan budget minim adalah dengan memilih hotel yang strategis dengan banyak destinasi wisata. Misalnya, ketika ingin berlibur ke Bali, Anda bisa memilih hotel di sekitar Kuta agar lebih dekat dengan Pantai Kuta Bali.

Dengan lokasi hotel yang dekat dengan pantai, tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk menuju Pantai Kuta. Selain itu, Anda sebaiknya juga browsing dan mencari banyak referensi dari pengunjung lain, agar Anda bisa memperkirakan seperti apa liburan yang akan Anda jalani.

5. Pilihlah Hari yang Tepat

Berlibur memang sebuah kegiatan yang menyenangkan, tapi hal ini bisa menjadi menyebalkan jika budget yang dikeluarkan sangat tinggi dan luar perkiraan yang sudah dibuat. Untuk mengantisipasi besarnya pengeluaran, Anda bisa memilih waktu liburan yang tepat.

Liburan sendiri memiliki dua musim, yaitu high season dan low season. Berlibur ketika high season memang akan sangat menyenangkan dan ramai akan pengunjung. Namun, pada musim ini tiket pesawat, tiket hotel dan tiket masuk ke dalam tempat wisata akan lebih mahal dua kali lipat dari biasanya.

Ketika low season harga tiket akan tetap stabil atau tidak ada kenaikan. Karena itu, Anda sebaiknya memerhatikan kapan waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan berlibur, terutama jika Anda termasuk orang yang menekan pengeluaran untuk berlibur.
Rencanakan liburan sebaik mungkin dan pastikan mana saja yang akan menjadi destinasi liburan. Jangan lupa untuk tetap mempersiapkan dana darurat. Fungsinya adalah untuk mempersiapkan sesuatu mendesak yang bisa saja terjadi saat Anda berlibur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini