Jangan Panik! Semudah Ini Prosedur Klaim Bagasi Hilang saat Traveling

Senin 05 Maret 2018 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 02 406 1867156 jangan-panik-semudah-ini-prosedur-klaim-bagasi-hilang-saat-traveling-af3Gle4UM6.jpg

PERNAHKAH Anda mengalami kehilangan barang bawaan saat sedang melakukan perjalanan dengan pesawat terbang? Pastinya kehilangan benda dalam koper saat bepergian atau liburan dengan pesawat dapat membuat panik serta rencana perjalanan Anda menjadi berantakan.

Memang jengkel sekali rasanya ketika barang bawaan kita hilang, apalagi yang hilang adalah barang berharga seperti uang, dompet, laptop bahkan barang-barang yang Anda beli saat berlibur ke luar negeri. Bisa dibayangkan kerugian materi dan kekecewaan yang akan Anda rasakan.

Namun semua masalah itu bisa dihindari jika perjalanan Anda sudah dilindungi asuransi perjalanan sebelumnya. Karena salah satu manfaat yang diberikan asuransi perjalanan, yaitu memberikan ganti rugi akibat bagasi yang hilang. Terlebih lagi jika Anda membeli asuransi perjalanan secara online di Futuready, sudah dipastikan prosedur klaim bagasi hilang yang Anda lakukan akan lebih mudah dan cepat. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan bila Anda mengalami kejadian tidak menyenangkan tersebut.

Surat Keterangan dari Pihak Maskapai

Syarat pertama yang harus Anda lakukan adalah mendatangi pihak maskapai untuk menceritakan kejadian yang baru saja Anda alami. Dalam hal ini yang harus Anda ceritakan kronologi koper bisa hilang. Anda harus meminta surat keterangan bahwa bagasi Anda hilang dari pihak maskapai terkait. Anda bisa datang ke kantor pelayanan yang ada di bandara dan secepatnya urus surat tersebut. Hal ini agar klaim mudah bagai hilang cepat diproses.

Surat Keterangan Kehilangan dari Polisi

Setelah selesai dengan pihak maskapai, Anda juga harus segera melaporkan kasus ini kepada polisi setempat. Sama seperti pihak maskapai, Anda juga diharuskan menceritakan kronologi kejadian koper hilang tersebut secara jujur dan nyata. Supaya laporan Anda diterima dan diproses, Anda bisa mendapatkan surat keterangan kehilangan dari kepolisian.

Kuitansi Barang

Dikarenakan ini barang-barang yang baru saja Anda beli disuatu negara, pastikan Anda masih simpan struk atau kuitansi barang-barang tersebut. Karena struk atau kuitansi tersebut menjadi salah satu dokumen yang diperlukan untuk proses klaim mudah bagasi hilang. Setiap perusahaan asuransi, pasti akan menyertakan struk dan kuitansi sebagai dokumen yang harus dipenuhi.

Bukti Perbankan

Selain struk dan kuitansi yang sifatnya nyata, Anda juga diminta bukti transaksi dari pihak perbankan. Namun, bukti ini diminta jika dalam melakukan transaksi pembelian, Anda menggunakan kartu debit atau kredit sebagai alat pembayaran.

Sebenarnya tidak sulit untuk mengajukan klaim bagasi hilang keperusahaan asuransi. Asalkan dokumen-dokumen yang menjadi persayaratan bisa Anda penuhi, kemungkinan besar klaim Anda bisa diterima. Tunggu apa lagi, temukan asuransi perjalanan yang Anda butuhkan sekarang juga hanya di Futuready.com!

Kunjungi Futuready.com sekarang!

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini