Festival Pagoda Parfum Meriahkan Perayaan Cap Go Meh di Vietnam

Dada Sathilla, Jurnalis · Rabu 07 Maret 2018 01:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 06 406 1868716 festival-pagoda-parfum-meriahkan-perayaan-cap-go-meh-di-vietnam-JftqqAa7XK.jpeg Festival Pagoda Parfum meriahkan Cap Go Meh di Vietnam (Foto:Dada)

PERAYAAN Cap Go Meh yang dirayakan hari ini bertepatan dengan dimulainya Festival Pagoda Parfum di Vietnam. Sebagai situs Buddha terpenting di Vietnam, ratusan ribu peziarah rela bepergian jauh demi mengunjungi pagoda parfum dan berdoa di berbagai kuil yang berada di gunung dan di dalam gua.

Festival Pagoda Parfum diadakan setiap tahun. Festival terlama di Vietnam ini berlangsung mulai hari ini, Selasa (6/3/2018) bertepatan dengan perayaan Cap Go Meh. Ratusan ribu peziarah serta turis memadati Pagoda Parfum atau Pagoda Huong yang terletak di distrik My Duc, sekitar 70 km dari Hanoi.

BACA JUGA:

Jangan Takut, Ini Tips Mendaki Gunung untuk para Wanita

Warga Vietnam berbondong - bondong datang sembahyang ke pagoda parfum meskipun jalan menuju kesana tak begitu mudah. Setiap peziarah maupun turis mesti naik perahu melewati sungai Yen yang mengalir di antara persawahan dan pegunungan kapur. Kemudian mendaki gunung dan tangga. Keindahan alam pedesaan Vietnam membuat perjalanan terasa lebih singkat.

 

Pagoda parfum sendiri terdiri dari berbagai kuil dan pagoda. Disebut pagoda parfum karena udaranya berbau seperti bunga musim semi yang tengah merekah. Pagoda pertama yang ditemui setelah turun dari perahu adalah pagoda Thien Tru dengan gerbangnya yang ikonik. Di dalam pagoda Thien Tru terdapat patung besar dewi Kwan Im.

Berikutnya ada Kuil Den Trinh yang dibangun untuk menghormati salah satu jenderal Kaisar Hung. Di kuil ini terdapat sepasang patung gajah yang sedang berlutut. sementara itu kuil pusat sembahyang di komplek parfum pagoda terdapat di dalam Gua Huong Tich. Patung Buddha serta dewa Kwan Im terletak di dalam kuil yang berada di dalam gua.

BACA JUGA:

Jarang Diketahui Wisatawan Pantai Kayu Arum Gunungkidul Masih Perawan

Uniknya, tak cuma untuk berdoa kepada sang Buddha, para peziarah juga mengunjungi pagoda parfum untuk mendapatkan berkat dari stalagtit dan stalagmit yang dipercaya dapat memberikan kemakmuran. Pasangan yang belum memiliki keturunan pun juga berdoa disini agar segera diberikan anak.

Para peziarah juga melakukan ritual unik lainnya. Yaitu dengan menangkap tetesan air yang menetes dari stalaktit, yang bentuknya meyerupai buah dada. Mereka berharap diberkahi kesehatan dari tetesan air yang dianggap sebagai 'air susu' dari 'buah dada' tersebut.

Festival pagoda parfum berlangsung selama 3 bulan mendatang. Bila ingin berkunjung ke sana, pilihlah hari yang pengunjungnya tak begitu banyak agar bisa menikmati alam dan suasana dengan lebih leluasa.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini