Share

Cara Nadine Chandrawinata Rayakan Hari Hutan Internasional

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 21 Maret 2018 19:40 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 21 406 1876088 cara-nadine-chandrawinata-rayakan-hari-hutan-internasional-Jo9wnGfjmC.jpg Nadine Chandrawinata (Foto: Instagram)

SEJAK 2012, Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menetapkan 21 Maret sebagai Hari Hutan Internasional. Tahun ini tema yang diambil adalah Forests and Sustainable Cities. Penetapan itu bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya dan peran berbagai jenis hutan dalam kehidupan masyarakat.

Melalui Hari Hutan Internasional, setiap negara pun didorong untuk melakukan upaya lokal, nasional, serta internasional guna mengatur kegiatan yang melibatkan hutan dan pohon. Sebagaimana diketahui bahwa hutan membawa banyak manfaat. Artis sekaligus aktivis Nadine Chandrawinata turut merasakannya.

 

Dalam akun Instagram pribadinya, @nadinelist, anak pertama dari tiga bersaudara itu membagikan manfaat yang didapatkan dari hutan. “Balutan riang yang kami dapatkan dari hati raja hijau. Terima kasih atas oksigen yang kamu berikan kepada kami, hutan🙏🏼 #internationaldayofforest#saveforest” tulisnya seperti yang dikutip Okezone, Rabu (21/3/2018).

Dari foto yang diunggahnya, tampak Nadine tengah menikmati hutan yang berada di Raja Ampat, Papua bersama Dimas Anggara. Tak hanya pepohonan, di dalam hutan terlihat ada sungai kecil nan indah yang airnya berwarna biru jernih. Panorama alam pun menjadi lebih menakjubkan.

Sementara itu, melansir NDTV, ada beberapa alasan penting mengapa manusia harus menjaga hutan. Pertama, pepohonan yang ada di hutan membantu mengurangi suhu hingga 8°C dan bertindak sebagai sebagai AC alami. Menanam lebih banyak pohon di daerah perkotaan berdampak positif pada iklim karena mengurangi pemanasan global dengan cara menyerap gas rumah kaca.

BACA JUGA:

Presiden Jokowi Lakukan Salam Tempel Hidung, Ini Keunikan Lain dari Suku di Selandia Baru

Kedua, hutan mengurangi polusi udara. Sebagaimana diketahui, polusi adalah masalah yang mengganggu daerah perkotaan dan pedesaan. Dengan adanya lebih banyak pohon maka dapat mengurangi polutan sehingga membuat udara di sekitar lebih cocok untuk bernapas. Hutan juga membuat manusia menjadi lebih santai. Alasannya karena suasana hutan yang sepi dan sejuk merupakan tempat yang pas untuk melepas lelah dan stres. Tak hanya itu, udara di hutan bisa mendorong seseorang untuk lebih aktif, meningkatkan kesehatan mental dan fisik, serta menciptakan suasana yang nyaman untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Keempat, hutan membantu mengurangi kelangkaan air dan mencegah terjadinya banjir. Pepohonan akan menyerap air hujan dan membantu mempertahankan level air tanah yang sehat. Dengan begitu air bersih lebih mudah untuk didapatkan. Pohon di hutan juga melindungi daerah aliran sungai dan mencegah banjir karena menyimpan kelebihan air di dahan dan tanah.

Kelima, hutan menjaga keragaman hayati. Pohon yang dikelola dengan baik dapat menyediakan makanan serta menjadi habitat bagi berbagai spesies hewan dan burung. Terakhir, hutan bisa memajukan perekonomian suatu daerah. Ya, kini sudah banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi hutan sebagai tempat wisata. Tentunya hal itu dapat menambah pemasukan suatu daerah.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini