Beragam Karnaval yang Tersohor di Indonesia

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 28 Maret 2018 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 28 406 1879104 beragam-karnaval-yang-tersohor-di-indonesia-KaY5GuR1Qe.jpg Foto diambil dari sindonews.com

KARNAVAL adalah suatu pementasan ekspresi masyarakat suatu daerah atau suatu negara yang mengangkat beberapa tema khusus pada perayaannya. Di luar itu, karnaval menjadi bagian ekonomi kreatif yang dapat mendatangkan devisa dan kunjungan wisatawan bagi suatu negara. Berikut ini karnaval populer di Indonesia.

1. Jember Fashion Carnaval

 

Sejak diluncurkan pada tahun 2003, Jember Fashion Carnival telah menetapkan diri sebagai salah satu acara fashion terbesar di Indonesia. Karnaval ini memiliki catwalk terpanjang di dunia, dengan panjang 3,6 kilometer di pusat kota. Peserta parade dengan kostum yang rumit dan unik berjalan di atasnya.

2. Solo Batik Carnival

 

Solo sebagai salah satu kota produsen batik yang paling menonjol, memiliki Solo Batik Carnival (SBC) untuk menampilkan betapa bangganya kota ini memiliki batik sebagai bagian dari warisan. Inilah acara karnaval batik terbesar di Jawa Tengah. SBC diadakan setiap tahun dengan ratusan peserta berkostum mewah dengan batik sebagai motif utama mereka.

3. Banyuwangi Ethno Carnival (BEC)

 

Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) adalah karnaval fashion yang berfokus pada kostum kontemporer etnik dan tradisional dan berjalan-jalan di tengah kota untuk 2,2 kilometer. BEC sudah dihelat sebanyak enam kali dengan tema berbeda-beda antara lain Ikon Kesenian Banyuwangi (2011), Re-Barong Using (2012), The Legend of Kebo-keboan (2013), The Mystic Dance of Seblang (2014) dan Kemanten Using (2015).

Festival Budaya Nasional Sepanjang 2018

Selain karnaval busana, sepanjang 2018 ini ada beberapa agenda nasional berupa festival budaya dari berbagai daerah di Nusantara, berikut di antaranya.

1. Pesta Kesenian Bali

 

Pesta Kesenian Bali sering disebut sebagai festival seni terlama, terpanjang dan paling meriah dalam tradisi festival di Indonesia. Berlangsung selama sebulan penuh, melibatkan ribuan seniman dari seluruh penjuru Bali.

2. Festival Payung Indonesia

 

Festival ini menampilkan para maestro pengrajin dari desa payung Indonesia, pameran lukisan payung, rajut payung kreatif, fashion wastra nusantara hingga bazar seni payung. Karya instalasi dan arsitektur bercitra payung, menghiasi arena festival dan memindahkannya kehebohan di instagram dan sosial media. Di bawah tema Sepayung Indonesia, pertunjukan ikonik dari para maestro tari ditampilkan bersamaan dengan karya kontemporer seniman muda pada 20 Agustus hingga 8 September 2018.

3. Sanur Village Festival

 

Sanur Village Festival mem-branding "village" menjadi acuan dari kegiatan. Ini yang menjadi daya tarik bahwa Sanur Village Festival memiliki nilai lebih untuk dikunjungi sebagai festival yang berbeda dengan daerah lainnya. Acara ini akan digelar di Desa Sanur, Kota Denpasar pada 24-28 Agustus 2018.

4. Karnaval Kemerdekaan

 

Karnaval Kemerdekaan adalah parade budaya tahunan yang diselenggarakan secara bergilir di kota dan atau destinasi terpilih di Indonesia. Pontianak (2015), Danau Toba (2016) dan Bandung (2017). Selama sepuluh tahun pertama sejak 2005 diselenggarakan secara tetap di depan Istana Negara, Jakarta. Festival ini digelar pada 25 Agustus 2018 memamerkan kekayaan budaya visual dan busana Nusantara yang megah dan semarak, selalu dirangkaikan dengan perayaan Kemerdekaan Indonesia.

5. Grand Karnaval Indonesia

 

Karnaval puncak dengan menghimpun berbagai ragam karnaval di Indonesia, yang dikoordinasi oleh Jember Fashion Carnaval (JFC). Diselenggarakan setiap tiga tahun sekali dengan tempat yang berpindah pindah dengan tematik pilihan. Untuk pertama kalinya diselenggarakan di Jakarta berkenaan dengan penyelenggaraan ASIAN Games 18 pada Agustus 2018. Grand Karnaval ini akan digelar di Jakarta pada 27 Agustus 2018.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini