Tren Wisata ke Timur Indonesia Meningkat, Yuk Berburu Promo Tiketnya di GATF 2018

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 29 Maret 2018 14:37 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 29 406 1879620 tren-wisata-ke-timur-indonesia-meningkat-yuk-berburu-promo-tiketnya-di-gatf-2018-dNPTixWRqM.jpg Suasana GATF 2017 di JCC Jakarta (Foto: Dok.Okezone)

INDONESIA sebagai negara kepulauan, memiliki banyak potensi untuk dikembangkan. Kekayaan alam dan budaya yang sangat beragam, menjadi salah satu aset terbesar untuk memajukan sektor pariwisata dalam negeri.

Beberapa destinasi lokal bahkan telah mendapatkan pengakuan dunia internasional, seperti Raja Ampat yang sempat dinobatkan sebagai salah satu objek wisata bahari terbaik di dunia. Di samping itu, tren wisata dari tahun ke tahun ternyata juga menunjukkan pertumbuhan yang sangat signifikan.

Traveling kini bukan lagi menjadi barang mewah yang hanya dapat dinikmati oleh segilintir orang. Sekarang, para generasi millenials pun mulai tertarik melakukan perjalanan jauh untuk mengobservasi tempat-tempat baru atau sekadar melepaskan rasa penat.

Hal ini tentu menjadi peluang emas bagi para pelaku bisnis wisata, untuk memberikan penawaran-penawaran menarik kepada para wisatawan seperti yang dilakukan oleh Garuda Indonesia.

Maskapai terbesar Indonesia itu kembali menggelar pameran wisata bertajuk Garuda Travel Fair 2018, yang akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 6-8 April mendatang.

Direktur Marketing dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia, Nina Sulistyowati mengatakan, pelaksanaan GATF ini merupakan bentuk dukungan Garuda Indonesia untuk terus meningkatkan dan mengembangkan pariwisata Indonesia.

"Pada pelaksanaan GATF 2018 phase I ini, Garuda Indonesia kembali menawarkan berbagai tiket dan perjalanan wisata domestik dan internasional dengan harga yang menarik dan lebih terjangkau, karena kami bekerjasama dengan Bank Mandiri untuk dapat melayani kebutuhan traveling para pelanggan setia Garuda Indonesia," tutur Nina, dalam konferensi pers GATF 2018, di Hard Rock Cafe, Jakarta Selatan, Kamis (29/3/2018).

Lebih lanjut Nina mengatakan, animo masyarakat Indonesia untuk melakukan perjalanan atau traveling memang meningkat setiap tahunnya. Terutama untuk rute-rute yang berada di kawasan Timur Indonesia.

""Kita bahkan kekurangan flight dari Bali ke Lombok (pulang pergi). Orang-orang sampai mengantri karena kuota untuk rute tersebut selalu diatas 90%. Selain itu, kita memiliki program Ayo Liburan ke Sorong yang ternyata sangat diminati wisatawan," imbuhnya.

Selain destinasi lokal, Trilaksito Singgih selaku SVP Consumer Deposits Group Garuda Indonesia menuturkan bahwa, rute internasional pun kini sudah mulai diincar oleh para wisatasan lokal.

"Trennya itu muncul sejak tahun 2015. Setiap mengadakan GATF, kita selalu over target. Untuk rute internasional persentasenya bisa mencapai 60-70%. Tren positif ini kembali terjadi saat GATF 2018 di Bandung beberapa waktu lalu, 2/3 dari total transaksi itu tujuannya internasional," jelas Singgih.

Hal senada juga diakui oleh Director of Markerting & IT Bank Mandiri, Herry Gurnadi. Ia memaparkan bahwa dari total 19 juta nasabah Mandiri, 5-7% diantaranya diklaim memiliki hobi traveling, termasuk para generasi millennials.

"Behaviour atau profil mereka itu yang pertama senang observasi dan mencoba tempat-tempat baru. Beli mobil nanti saja, beli rumah nanti saja, yang penting bisa travelling," paparnya.

Lalu, destinasi mana saja yang diunggulkan dalam GATF ini? Menurut pengakuan Nina, setidaknya ada beberapa destinasi wisata yang diprioritaskan pemerintah guna mendorong peningkatan jumlah wisatawan mancanegara ke Tanah Air. Destinasi inilah yang nantinya akan diunggulkan selama acara berlangsung, antara lain, Lombok, Gunung Bromo, Labuan Bajo, Borobudur, Danau Toba, Morotai, Kepulauan Seribu, Belitung, Wakatobi dan Tanjung Lesung.

Berikut promo-promo menarik yang ditawarkan oleh lebih dari 40 travel agent di Garuda Indonesia Travel Fair 2018.

Rute Internasional

Jakarta - Singapura : Rp800 ribuan.

Jakarta - Osaka : Rp2,7 jutaan.

Jakarta - London : Rp7,2 jutaan.

Jakarta - Hong Kong : Rp2,3 jutaan.

Jakarta - Seoul : Rp3,1 jutaa.

Jakarta - Sydney: Rp 4,5 jutaa.

Jakarta - Melbourne : Rp4,4 jutaa.

Jakarta - Perth : Rp3,7 jutaan.

Rute Domestik

Jakarta - Lombok : Rp600 ribuan.

Jakarta - Medan : Rp900 ribuan.

Jakarta - Bali : Rp600 ribuan.

Jakarta - Wakatobi : Rp 1,7 juta.

Jakarta - Raja Ampat : Rp2 juta.

Jakarta - Labuan Bajo : Rp1 jutaan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini