Share

Kapan Waktu Terbaik Liburan di Labuan Bajo?

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 30 Maret 2018 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 30 406 1880101 kapan-waktu-terbaik-liburan-di-labuan-bajo-wuvo5djdGF.jpg Labuan Bajo (Foto: Remoteisland)

BANYAK atraksi wisata menakjubkan yang bisa Anda nikmati saat liburan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Mulai dari snorkling, diving, trekking hingga berburu sunrise dan sunset sepertinya jadi hal wajib yang harus dilakukan.

Namun perlu diketahui, untuk menjelajah berbagai objek wisata di Labuan Bajo, lebih baik lakukan saat cuaca berawan. Sebab, menikmati bentang alam yang masih asri di Labuan Bajo akan nampak lebih menarik.

 BACA JUGA:

Taman Sari & Sumur Gumuling, Pesona Peninggalan Budaya Jawa yang Memukau

"Waktu terbaik berkunjung ke Labuan Bajo itu saat tidak musim hujan. Seperti bulan Juni, Juli hingga September, cuaca cerah kondisi lautnya juga aman," ungkap Julius, seorang tour guide kepada Okezone di Labuan Bajo, Kamis (29/3/2018).

 

(Foto: Floresa)

Ketika ingin diving atau snorkling misalnya. Perjalanan menuju spot wisata air tersebut setidaknya akan lebih aman di bulan itu karena kondisi perairan lagi stabil.

Sebab, arus laut, ombak dan angin di bulan Juni-September cenderung tenang. Menikmati keindahan bawah laut pun akan lebih sempurna dan aman jika dilakukan.

"Wisata di Labuan Bajo sangat bergantung sama kondisi cuaca. Kalau musim hujan, ombaknya naik, akses menuju objek wisata jadi agak sulit," tambahnya.

Di Labuan Bajo, begitu banyak bukit-bukit atau gugusan pulau kecil yang bisa Anda sambangi untuk berburu sunrise atau sunset. Anda harus trekking dan menyaksikannya dari ketinggian adalah spot terbaik!

 

(Foto: Dinno/Okezone)

Dalam periode tersebut, kondisi tanah juga stabil dan tidak licin. Sehingga aktivitas trekking atau menanjak di bukit kecil yang mayoritas track-nya terjal dan curam pun jadi lebih aman.

Nah, ini yang paling menarik! Selain wisata bahari, Taman Nasional Komodo sering jadi destinasi utama banyak wisatawan. Rugi rasanya jika sudah ke Labuan Bajo, tapi tak mampir ke salah satu destinasi warisan dunia ini.

Periode Juni-September, komodo masuk dalam fase musim kawin. Agak sulit memang menemukan mereka di periode tersebut, karena biasanya komodo akan masuk ke dalam hutan untuk mencari pasangan.

Namun bagi Anda yang suka memacu adrenalin, Menjelajah Taman Nasional dengan paket medium atau long track (sampai jelajah hutan) bisa jadi pilihan.

 

(Foto: Indonesiatravel)

Melihat perilaku komodo lebih agresif dari biasanya akan jadi tontonan menarik dan menegangkan! Perlu diingat, Anda harus tetap ikuti aturan berlaku dan patuhi saran dari para ranger.

 BACA JUGA:

Bukit Masbait, Tempat Perayaan Jumat Agung Umat Kristiani dan Simbol Toleransi di Kepulauan Kei

"Kalau musim hujan komodo jadi agak malas. Paling hanya tidur, di sekitar rumah (rumah para ranger atau penjaga), tidak ada aktivitas menarik," ungkap Sulaiman, salah seorang ranger di Taman Nasional Komodo.

Lebih lanjut, Labuan Bajo memang sering disebut-sebut sebagai destinasi impian. Untuk itu persiapkan liburan Anda dengan matang, agar perjalanan Anda di salah satu dari 10 destinasi prioritas nasional ini terasa sempurna!

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini