Situ Cipanten Majalengka, Dulu Terkesan Angker, Kini Keindahannya Begitu Nyata

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 03 April 2018 04:37 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 03 406 1881285 situ-cipanten-majalengka-dulu-terkesan-angker-kini-keindahannya-begitu-nyata-sJjbbpHV1W.JPG Situ Cipanten (Foto: Wisatajabar.com)

BANYAK tempat wisata indah yang belum begitu terkenal. Salah satunya adalah Situ Cipanten di Majalengka, Jawa Barat.

Walaupun sudah sering dikunjungi wisatawan, akan tetapi banyak juga yang belum mengetahuinya. Padahal, panorama alam di sana tak kalah dengan tempat wisata yang terkenal.

Situ Cipanten sebenarnya sudah ada sejak 1970-an. Akan tetapi pada masa itu perawatannya belum begitu baik sehingga terkesan angker.

Seiring berjalannya waktu, pemerintah Desa Gunung Kuning bersama dengan pemuda setempat melakukan pembenahan yang membuat tempat wisata tersebut semakin indah. Kini banyak wisatawan yang berdatangan di akhir pekan untuk menghabiskan waktu bersama teman maupun keluarga.

Air di danau ini sangat tenang dan jernih. Wisatawan juga dapat melihat secara nyata ikan-ikan yang berenang di tepian danau.

Selain sebagai tempat wisata, danau ini memang dimanfaatkan untuk perikanan dan pengairan. Di sekitar danau juga terdapat hutan dengan pepohonan yang masih asri sehingga menambah keindahan panorama alamnya.

(Baca Juga: Artis-Artis Tanah Air Ini Awet Muda, Kamu Enggak Bakal Sangka Umurnya)

Udara yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di tempat wisata seluas satu hektare itu. Belum lagi fasilitas yang disediakan sangat cocok untuk wisatawan kekinian. Ada beberapa spot menarik untuk mengambil foto. Bahkan beberapa pasangan yang hendak menikah memanfaatkan tempat wisata ini untuk lokasi foto prewedding.

Lalu ada juga permainan air seperti bebek-bebekan dan perahu. Beberapa wisatawan juga ada yang menceburkan diri untuk berenang atau memancing.

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini sangat terjangkau, berkisar Rp 5ribu-Rp 10 ribu. Di sana terdapat beberapa fasilitas seperti penginapan, musala, kamar mandi, dan area parkir kendaraan.

(Baca Juga: 10 Alasan Pentingnya Minum Air Putih Sebelum Sikat Gigi di Pagi Hari)

Ya, terletak 16 km ke arah barat dari pusat kota Majalengka membuat akses menuju tempat wisata ini cukuplah mudah dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi.

Wisatawan bisa mengambil rute dari Majalengka menuju Rajagaluh, dan kemudian menuju Desa Salagedang dan Kecamatan Sindang. Sebelum mencapai tempat wisata, ada gapura yang siap menyambut pengunjung sehingga tidak sulit untuk ditemukan. Selain itu, ada pula transportasi umum yang melintasi tempat wisata tersebut yang bisa menjadi alternatif bagi wisatawan.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini