180 Wisatawan Digigit Rusa di Taman Nara Jepang, Apa Sebabnya?

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 04 April 2018 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 04 406 1881928 180-wisatawan-digigit-rusa-di-taman-nara-jepang-apa-sebabnya-uxBm72Ozt0.jpg Turis diminta tak menggoda rusa saat memberi makan (Foto: Dailymail)

MENGUNJUNGI sebuah taman nasional atau kebun raya memang menyenangkan. Suhu yang sejuk, teduh karena banyak ditumbuhi pepohonan, hingga bercengkrama dengan hewan-hewan yang imut seperti rusa, pasti membuat liburan akan semakin mengesankan.

Seperti mengunjungi Taman Nara yang ada di Jepang, di sana banyak dipelihara rusa-rusa hingga menarik ribuan wisawatan dari seluruh dunia untuk datang berkunjung. Namun, seperti yang dilansir dari Daily Mail, Rabu (4/4/2018), otoritas taman kini menerima banyak laporan soal wisatawan yang mendapatkan luka gigitan dari rusa-rusa yang berkeliaran bebas di sekitar taman.

Taman indah yang berada di Kyoto tersebut memang dihuni oleh lebih dari 1.000 rusa. Sebagian dari rusa juga kerap berkeliaran di jalanan untuk mencari wisatawan yang bersedia memberi makan. Sayangnya, tidak semua wisatawan terbiasa menghadapi binatang, hingga menemui rusa yang agresif ketika mencoba memberi makan.

Data yang tertulis pada sumber menyatakan ada sekira 180 kasus luka gigitan yang disebabkan oleh rusa di Taman Nara selama 2017, yang naik dari semula hanya 118 pada tahun sebelumnya. Untuk mencegah kasus gigitan dan bertambahnya korban luka gigitan, pihak berwenang telah memasang tanda-tanda peringatan dalam bahasa Jepang, Cina, dan Inggris, yang ditujukan bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

Tanda-tanda yang dibuat dalam tiga bahasa berbeda tersebut juga berisi peringatan, cara memberi makan rusa dengan benar, sehingga rusa yang diberi makan tidak jadi agresif dan marah. Salah satu isinya pun mengatakan, anak kecil haris ditemani orang dewasa ketika memberi makan rusa.

Jenis makanan yang bisa diberikan untuk makan rusa ialah kraker. Untuk memberi makan rusa, pengunjung bisa langsung memberikannya tanpa menggoda binatang imut tersebut. Selain itu, ada pula isyarat mengangkat kedua tangan yang harus dilakukan oleh wisatawan pada rusa ketika makanan telah habis dan waktu makan berakhir.

“Karena mereka adalah hewan liar, maka mereka akan marah jika manusia menggoda mereka. Misalnya saja, saat memberi makan Anda membuat mereka menunggu, maka jangan kaget jika tiba-tiba rusa menggigit Anda,” kata Yuichiro Kitabata, petugas Taman Nara.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini