5 Teknik Relaksasi agar Penumpang Tidak Tegang Sebelum Pesawat Lepas Landas

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 10 April 2018 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 10 406 1884586 5-teknik-relaksasi-agar-penumpang-tidak-tegang-sebelum-pesawat-lepas-landas-1BEnR5YpPx.jpg Ilustrasi (Foto: Foxnews)

SEBAGIAN orang merasa cemas saat melakukan prjalanan jauh degan menggunakan pesawat. Akibatnya, mereka stres dan bisa berujung jet lag.

Hal itu bisa membuat perjalanan jadi tidak nyaman. Sehingga, Anda harus mencoba relaksasi sejenak supaya lebih nyaman. Apalagi kalau di dalam peawat mendengarkan tangisan anak kecil yang membuat Anda terganggu.

Ditambah dengan kondisi cuaca buruk yang memicu turbulensi. Pastinya otot tambah tegang dan membuat Anda semakin stres.

Karena itu, daripada berujung fatal, lakukan beberapa cara yang bisa membuat Anda lebih tenang dan nyaman. Anda bisa mempraktikkannya selama 60 detik saja sebelum lepas landas. Berikut empat langkahnya, dilansir Foxnews, Selasa (10/4/2018).

Tarik napas saat baru duduk

Cara paling sederhana untuk menangkal stres sebelum lepas landas yakni seringlah tarik napas dengan tepat. Lakukan selama hitungan 60 detik. Jika seseorang bisa melakukan latihan pernapasan dengan baik, pasti dampaknya bisa merelaksasi diri secara otomatis. Aktivitas di otak menjadi lebih aktif dan tidak tegang, sehingga Anda bisa melawan rasa cemas.

Bersikap santai

Seseorang yang cemas pasti seluruh badan rasanya tegang. Ini akibat dari otot Anda mulai dari wajah, tangan, kaki, dan beberapa bagian tubuh lainnya. Karenanya, bersikaplah santai dan atur napas. Coba lawan rasa tegang yang Anda alami dengan bersikap santai saat menghadapi apapun.

Berpikir positif

Saat ingin menghadapi sesuatu hal yang baik tentu Anda harus berpikir positif. Apapun hal yang Anda hadapi jangan dipikirkan dengan cara negatif. Sugesti dari berpikir positif bisa membuat seseorang lebih tenang. Selain itu, Anda tidak akan mudah cemas dan juga stres.

Gunakan teknik 4-7-8

Mulailah dengan bernapas melalui hidung selama empat detik. Lalu, tahan napas Anda selama tujuh detik. Kemudian hembuskan melalui mulut Anda selama delapan detik. Ulangi teknik ini sampai Anda merasa tenang di dalam kabin pesawat.

Dengarkan musik

Saat ini tersedia aneka hiburan yang disajikan di sebuah layar video pesawat. Carilah fitur lagu yang enak di dengar dan nyaman. Pastikan lagu yang Anda dengar cukup membuat perasaan rileks. Gunakan headset yang pas supaya tidak memicu sakit kepala.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini