Hiking di Gunung Bersalju Uetliberg Kota Zurich, Swiss, Seru banget !

Dada Sathilla, Jurnalis · Kamis 19 April 2018 08:26 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 18 406 1888242 hiking-di-gunung-bersalju-uetliberg-kota-zurich-swiss-seru-banget-pnpV0wx8lQ.jpg Wisata di Kota Swiss Zurich (Foto: Sabra/Kontributor)

LANDSKAP kota Zurich yang berbukit dan dekat dengan gunung Uetliberg menjadikan hiking sebagai salah satu kegiatan yang dipilih para traveler. Daya tarik utamanya tentu pemandangan kota Zurich, danau Zurich, dan pegunungan Alpen yang memukau. Mendaki saat musim dingin juga terasa sangat seru karena udara dingin serta setiap permukaan tanah tertutup salju.

Gunung Uetliberg merupakan titik tertinggi di kota Zurich yang merupakan bagian dari rantai Albis. Menuju ke Uetliberg sangatlah mudah, tinggal naik kereta S-Bahn Zurich S10 dari stasiun kereta Zurich selama 20 menit. Karena berada di luar kota Zurich, tiket harian saya tidak berlaku. Saya mesti membeli tiket ke Uetliberg seharga 8 CHF atau Rp114.000 sekali jalan.

Pendakian saya mulai dari tengah hari. Alasan utamanya karena saat musim dingin, matahari tenggelam pada jam 4 sore. Setelah 20 menit berkendara di dalam kereta yang hangat, tibalah saya di stasiun kecil Uetliberg. Jalur pendakian berada tepat di sebelah stasiun. Sudah banyak pula pendaki yang memulai perjalanan ke puncak.

Pemandangannya sendiri sangatlah indah karena setiap jengkal tanah berwarna putih karena tertutup salju, termasuk pepohonan. Agar tahan terhadap suhu udara yang mencapai minus 5 derajat celcius, saya memakai pakaian hangat berlapis 3. Sayangnya saya tak memakai sepatu gunung, sehinga berkali-kali hampir terpeleset karena kondisi jalan yang licin.

Pendakian gunung setinggi 870 meter ini memakan waktu 15-20 menit. Di puncak gunung telah dibangun hotel bagi pendaki yang ingin bermalam sambil menikmati panorama kota Zurich dari puncak gunung. Selain hotel, ada pula menara pandang untuk melihat panorama pengunungan Alpen dan kota Zurich. Biayanya 2 CHF atau sekira Rp.28.500 per orang.

Puncak gunung Uetliberg disebut Uto Kulm. Dari sini saya bisa menikmati indahnya puncak gunung yang tertutup salju sepenuhnya. Semuanya berwarna putih. Meski angin bertiup sangat kencang, tak membuat para pendaki beranjak dari Uto Kulm. Mereka tetap antre untuk menggunakan teleskop yang dipasang di beberapa titik.

Dari Uto Kulm, pemandangan kota Zurich terlihat memukau. Danau Zurich yang sedang membeku pun bisa dilihat dengan jelas dari puncak gunung. Sementara itu di kejauhan juga terlihat puncak pengunungan Alpen yang diselimuti salju. Bila anda traveling ke Zurich, pastikan mendaki gunung Uetliberg juga. Keindahan panoramanya sepadan dengan pendakiannya yang tak mudah karena licin dan sangat dingin.

(ren)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini