Sulit Dipercaya, Bunga Rafflesia Ditemukan di Karimun

Agregasi Antara, Jurnalis · Senin 23 April 2018 04:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 23 406 1890112 sulit-dipercaya-bunga-rafflesia-ditemukan-di-karimun-0w6z2TkBAB.jpg Ilustrasi Bunga Rafflesia

KARIMUN - Warga Desa Sawang Selatan Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, dihebohkan dengan penemuan bunga Rafflesia yang tumbuh dan mekar di belakang rumah warga setempat.

Berdasarkan penelusuran di Karimun, Bunga Rafflesia yang termasuk bunga langka tumbuh dengan subur di belakang rumah Rahayu, warga RT 08/RW 02 Desa Sawang Selatan, Kundur Barat.

Bunga tersebut memiliki tinggi sekitar 30 sentimeter dengan kelompok berwarna ungu, bunganya berwarna ungu lebih gelap dengan tangkai berwarna kuning.

Bupati Karimun Aunur Rafiq langsung melihat bunga tersebut karena penasaran setelah mendapat informasi dari warga setempat.

(Ilustrasi Bunga Rafflesia)

"Semula saya tidak percaya bunga ini tumbuh di Karimun. Dan baru pertama kali ini saya melihat bunga ini," kata dia sambil mengamati bunga yang dipagari pemiliknya.

Aunur Rafiq memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup untuk mempelajari dan meneliti bunga tersebut, kenapa bisa tumbuh di Karimun. "Coba diteliti jenisnya. Bunga ini bisa menjadi salah satu daya tarik wisatawan, karena termasuk bunga langka," kata dia.

Bupati juga meminta pewarta untuk memberitakan dan memviralkan bunga Rafflesia tersebut. "Rekan-rekan wartawan, bantu ya viralkan bunga ini," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Rahayu mengaku bunga Rafflesia tersebut diketahui tumbuh di belakang rumahnya sejak lima hari lalu.