Gunung di NTT Ini Awalnya Dikenal Pulau Hantu, Sekarang Jadi Gunung Terunik di Dunia

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 08 Mei 2018 07:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 07 406 1895606 gunung-di-ntt-ini-awalnya-dikenal-pulau-hantu-sekarang-jadi-gunung-terunik-di-dunia-eIqcMvaEQT.jpg Gunung Batutara (Foto: floreskomodo_tours/Instagram)

BAGI Anda penikmat wisata alam seperti pegunungan, maka Nusa Tenggara Timur sudah pasti menjadi pulau tujuan Anda untuk berlibur dan menyengarkan pikiran dari hiruk pikuknya ibu kota. Untuk melihat gunung yang unik maka Kabupaten Lembata harus menjadi destinasi yang harus Anda kunjungi.

Gunung Ile Batutara, merupakan gunung yang memiliki sejarah yang melegenda. Di mana awalnya gunung tersebut sebuah pulau yang dianggap misterius karena tidak berpenghuni. Sudah sangat lama, tapi tidak ada tanda-tanda bahwa pulau tersebut adalah sebuah gunung berapi karena warga sekitar tidak pernah merasa terancam. Yang ada hanya kisah-kisah mistis aja dari pulau yang dinamakan Komba tersebut.

 (Baca Juga: Ingin Menyaksikan Panorama Gunung Meletus yang Aman? Hanya Ada di Lembata)

Saking misteriusnya, pulau komba tersebut bahkan dijuluki sebagai pulau ‘hantu’. Setelah ‘tertidur’ selama 1,5 abad, akhinya pada 2007 persisnya di bulan Maret pulau tersebut berdentum dan baru disadari ternyata ada gunung berapi di dalam perutnya.

Gunung tersebut sekarang dinamai Ile Batutara yanng awalnya disebut juga gunung ‘hantu’ karena meletusnya setelah kurun waktu yang lama. “Itu adalah penyebabnya tidak banyak yang menyangka bahwa pulau yang dikisahkan sebagai pulau hantu itu, ternyata gunung api yang aktif,” ungkap Bupati Kabupaten Lembata, Eliaser Yentji Sunur di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin 7 Mei 2018.

 

(Foto: floreskomodo_tours/Instagram)

  (Baca Juga: Cantiknya Istri Mohamed Salah yang Jarang Terekspos Media)

Dari catatan sejarah, gunung kecil yang terletak 50 km di sebelah utara pulau Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki riwayat letusan pertama kali pada tahun 1847 dan 1952. Kemudian, letusan selanjutnya terjadi pada 1 Juli 2006 yang mengeluarkan abu vulkanik yang naik sampai 5.000 kaki.

Sekarang, gunung tersebut menjadi salah satu gung terunik di dunia karena bisa menikmati pesona semburan lava gunung berapi aktif. Wisatawan bisa menikmati dari jarak 50 meter karena dipastikan aman bagi manusia dan lingkungan. Gunung Batutara mendapat penghargaan sebagai destinasi wisata terunik ke dua di Indonesia dari sekian banyak destinasi wisata di NTT dan NTT.

“Untuk melihat gunung yang menyemburkan lava, kalian tidak perlu lagi jauh-jauh terbang ke Hawaii untuk melihat gunung Kilauea atau jauh-jauh ke Jepang untuk menyaksikan muntahan lava dari perut gunung Sakurajima, karena kalian hanya perlu datang ke Kabupaten Lembata,” jelasnya.

Dia menjelaskan, untuk menikmati semburan lava ini maka disarankan untuk datang menjelang malam atau fajar menyingsing dan Anda pasti berdecak kagum menyaksikan dan menikmati pemandangan yang akan Anda lihat.

“Pesona gunung api aktif ini memang luar biasa karena memuntahkan lava setiap 20 menit sekali. Pada malam hari, muntahan lavanya menjadi pemandangan yang sungguh menakjubkan,” tukasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini