Share

Banyak Godaan, Hindari 5 Tempat Ini agar Puasa Tak Cepat Batal

Annisa Aprilia, Jurnalis · Minggu 13 Mei 2018 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 11 406 1897250 banyak-godaan-hindari-5-tempat-ini-agar-puasa-tak-cepat-batal-BUbN6Vu5X9.jpg (Foto: UniSA Sport)

TIDAK bisa dipungkiri, berpuasa pada pekan pertama akan terasa lebih berat bila dibandingkan dengan pekan berikutnya. Sebab, tubuh baru akan mulai beradaptasi dengan rutinitas ketika berpuasa, termasuk dengan kegiatan yang lainnya.

Tidaklah heran jika saat menjalani kegiatan sehari-hari sambil berpuasa badan akan lebih cepat lelah, atau beberapa orang akan merasa kurang bersemangat dan lemas. Padahal, untuk bisa puasa dengan lebih bersemangat kuncinya ada dalam diri sendiri, salah satunya dengan menghindari beberapa tempat berikut ini, agar ibadah puasa tetap lancar.

1. Pusat perbelanjaan

Mengunjungi pusat perbelanjaan memang tidak pernah terasa membosankan. Menyambangi satu per satu toko sepatu, pakaian, tas, atau kosmetik jadi kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di mall.

 

Namun, jika sudah lupa waktu dan terlalu lama berkeliling, kamu bisa merasa haus dan lapar serta bisa berujung batalnya puasa yang sedang kamu jalani.

Baca juga: Inilah 5 Wajah Pria Paling Tampan di Dunia yang Pesonanya Tak Pernah Luntur

2. Restoran atau pujasera

Indonesia termasuk negara yang dihuni oleh masyarakat dari aneka ragam suku, agama, dan budaya, maka meskipun sedang bulan puasa masih bisa dijumpai restoran atau pujasera yang buka di siang hari. Nah, agar kamu bisa tetap berpuasa ada baiknya untuk menghindari mengunjungi tempat ini, karena bisa jadi kamu tergoda dengan aroma masakan atau sajian menunya.

Baca juga: Ingin Bayi Tumbuh Tinggi Sempurna? Beri Jenis Makanan Ini Saja!

3. Pusat kebugaran di siang hari

Pusat kebugaran menjadi tempat lainnya yang mesti kamu hindari, termasuk berolahraga di siang hari ketika berpuasa. Sebab, berolahraga pada siang hari dalam keadaan berpuasa bisa berdampak pada kerongkongan jadi kering alias haus dan perut terasa lebih lapar, karena energi yang terkuras untuk berolahraga.

 

4. Kolam renang

Berenang memang diperbolehkan bagi orang yang berpuasa. Namun, sebaiknya pergi ke kolam renang kamu hindari, sebab cuaca siang hari yang panas dan terik bisa membuat kerongkongan lebih terasa kering dan haus.

Selain itu, jika kamu berenang dikhawatirkan ada air kolam renang yang tertelan tanpa disadari, seperti beberapa ulama yang mengkhawatirkan hal tersebut. Tapi, jika kamu tetap ingin berenang dalam keadaan berpuasa, ada baiknya untuk selalu berhati-hati agar air kolam renang tidak tertelan.

5. Bioskop bersama pasangan

Menonton film layar lebar pada siang hari bersama pasangan yang sudah halal pun sebaiknya kamu hindari, karena dikhawatirkan di antara kalian ada yang tergoda untuk berbuat hal yang bisa membuat pahala puasa berkurang. Nah, untuk menyiasatinya kamu berdua bisa tetap menonton film, tetapi setelah berbuka puasa atau salat tarawih.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini