Share

Jejak Islam, dari Granada di Spanyol hingga Yerusalem di Israel

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 22 Mei 2018 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 22 406 1901268 jejak-islam-dari-granada-di-spanyol-hingga-yerusalem-di-israel-yqoSoJRc2z.jpg Kota Cordoba. Foto: Shutterstock

BERWISATA ke kota-kota yang penuh dengan jejak para nabi atau perjuangan kaum muslim selain menghadirkan kepuasan juga akan menambah wawasan menyelami sejarah Islam di dunia.

Mengutip laporan Travelounge, setidaknya ada 10 kota rohani muslim yang menarik untuk dikunjungi.

1. Granada, Spanyol

Letaknya di sebelah selatan Madrid, ibu kota Spanyol. Kota ini berada sekitar 669 meter di atas permukaan laut, sebelah selatan berbatasan dengan Laut Tengah dan Sungai Shaniel. Di kota ini pernah menjadi pusat ilmu keislaman terbesar dan merupakan salah satu mata rantai kebudayaan Islam ketika berada di bawah kekuasaan Bani Ahmar. Pada saat kekuasaan Bani Ahmar menguat di Granada, ia membangun istana Alhambra yang indah.

2. Cordoba, Spanyol

Pada masa kekuasaan muslim, Kordoba pernah menjadi ibu kota Andalusia. Dan di abad ke-10 dan ke-11 wilayah ini menjadi kota paling berpengaruh di Eropa. Kota ini telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Kota ini mencerminkan arsitektur peninggalan bangsa Moor selain Romawi. Di sini terdapat Masjid Kordoba yang kemudian menjadi Katedral Kordoba pada 1236.

3. Iskandariyah, Mesir

Terletak 225 kilometer dari Kairo, kota ini sering ini disebut The Pearl of the Mediterranean. Di kota ini terdapat Masjid Attarine yang semula gereja kemudian diubah menjadi masjid ketika Arab berkuasa. Terdapat Masjid Abu al-Abbas-Mursi yang merupakan masjid terbesar di kota itu, memiliki menara tinggi dan empat kubah

[Baca Juga: Jejak Utusan Nabi Muhammad di Tiongkok]

4. Kairo, Mesir

Kota yang dikenal dengan sebutan Seribu Menara ini menjadi rujukan menimba ilmu agama Islam. Daerah yang kental dengan suasana Islam adalah Central Cairo, ada universitas Al-Azhar dengan masjid tertua di Kairo. Selain itu, terdapat sejumlah masjid dan monumen, di antaranya, Masjid dan Madrasah Sultan Hassan, Masjid Al-Raifil, Mausoleum of the Saha, menara spiral, Masjid Alabster, dan benteng.

5. Fes, Maroko

Kota Fes sering disebut sebagai Mecca of West. Selain Athens of Africa, kota ini merupakan salah satu kota kerajaan tertua. Kawasan kota tuanya disebut Fes el-Bali ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Wilayah kota tua ini berada di balik dinding-dinding tinggi dengan jalan sempit yang mencapai 9.000 buah dan bebas dari kendaraan bermotor. Di kota ini terdapat University of Al-Kairaouine yang didirikan pada 859 sebelum Masehi dan Masjid Kairaounie yang bisa menampung 20 ribu jamaah.

6. Amman, Yordania

Di kota ini, Anda bisa menemukan peninggalan Nabi Musa dan Nabi Syuaib. Obyek wisata yang bisa dikunjungi adalah benteng Grand Hussein Mosque dan King Abdulah Mosque. Di pinggiran kotanya, Jubeha, terdapat makam Abdul Rahman ibn Awf al-Zuhri yang ambil bagian dalam perang Islam seperti Badar, Uhud dan Mekkah. Makam muazin Nabi Muhammad, Bilal ibn Rabah dan Gua Kahfi atau Kahfi al-Raqim yang disebut dalam Alqur'an juga ada di kota ini.

7. Karak, Yordania

Jejak-jejak Nabi Sulaiman ada di kota ini, tepatnya di Sirka. Di daerah inilah Nabi Sulaiman tinggal cukup lama, yaitu di kota yang terkenal dengan kastilnya dan menjadi lokasi Perang Mutah pada 629 Masehi. Di sini juga bisa ditemukan makam anak angkat Nabi Muhammad SAW, Zaid bin Haristah.

8. Karbala, Irak

Kota ini terletak sekitar 100 ??m dari Baghdad, ibu kota Irak. Kaum Syiah menempatkan kota ini sebagai salah satu tempat suci setelah Mekkah dan Najab. Kawasan Karbala tua merupakan pusat agama Islam dan menjadi tujuan para peziarah karena terdapat makam Mashad al-Husain, cucu Nabi Muhammad, Husain bin Ali. Kota ini biasanya didatangi pada perayaan mengenang pertempuran Hari Asyura

[Baca Juga: Menilik Situs Warisan Dunia UNESCO Peninggalan Peradaban Islam]

9. Najaf, Irak

Lokasinya berjarak 160 kilometer dari Baghdad. Kota ini dianggap suci bagi muslim Syiah karena dipercaya terdapat makam Imam Ali bin Abi Thalib, sepupu dan menantu Nabi Muhammad selain merupakan pusat pengajaran agama Islam. Di tempat ini juga terdapat Masjid Imam Ali yang megah. Biasanya, peziarah melanjutkan perjalanan dari Najaf ke Kufah untuk mengunjungi Masjid Jami Kufah dan rumah Iman Ali.

10. Yerusalem, Israel

Kota ini adalah kota beragam umat, Yahudi, Islam, dan Kristen. Bagi umat muslim, di kota ini bisa mengunjungi Masjid Al-Aqsa dan Masjid Qubbat as-Sakhrah atau Dome of the Rock di wilayah Haram al-Syarif yang dibatasi tembok tinggi dan lingkungan kota tua Yerusalem. Masjid Al-Aqsa menjadi bagian penting dalan peristiwa Isra Miraj. Sedangkan Masjid Qubbat as-Sakhrah merupakan masjid Khalifah Umar yang kemudian dipugar dan diperluas oleh Khalifah Al-Malik.

Semua Foto: Shutterstock

SEJUMLAH PENINGGALAN SEJARAH ISLAM DI DUNIA

Peninggalan Tempat Suci

Kakbah

Kakbah merupakan kiblat bagi seluruh umat muslim di dunia. Kakbah atau Baitullah yang ada di Kota Mekkah Arab Saudi bukan hanya simbol dari kiblat umat muslim di dunia akan tetapi merupakan bangunan yang telah ada sejak zaman Nabi Adam.

Masjidilharam

Masjidilharam adalah peninggalan peradaban umat Islam yang sampai saat ini masih merupakan masjid terbesar di dunia yang dikunjungi oleh jutaan umat dari seluruh penjuru dunia pada musim haji maupun di waktu lainnya. Masjid ini dibangun sejak masa pemerintahan Khulafaur Rasyidin dan telah banyak mengalami pembangunan.

Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah salah satu masjid yang didirikan pada masa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Masjid itu dibangun di tempat Rasulullah pertama kali datang ke Madinah.

Masjidil Aqsa

Masjidil Aqsa adalah masjid yang terletak di daerah Yerusalem yaitu kota suci di daerah atau negara Palestina yang dulu pernah menjadi kiblat umat Islam sebelum dipindahkan kembali ke Kakbah atau Baitullah.

Masjid Quba

Masjidil Quba adalah masjid pertama yang didirikan oleh Rasulullah di daerah purba yang masih berada di daerah wilayah Jazirah Arab. Masjid ini dibangun pada tahun pertama hijriyah atau tahun hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Madinah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini