Catat! Ini 5 Tindakan yang Dianggap Ilegal ketika Anda Mengunjungi Eropa

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 25 Mei 2018 07:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 24 406 1902384 catat-ini-5-tindakan-yang-dianggap-ilegal-ketika-anda-mengunjungi-eropa-GNHkE4dDZS.jpg Ilustrasi Eropa. (Foto: Shutterstock)

BERENCANA untuk liburan ke Benua Biru? Jika memang ingin berlibur ke Eropa, ada beberapa aturan tidak tertulis yang sebenarnya harus dilakukan. Jika tidak, kita akan dianggap tidak sopan dan melanggar tata krama.

Bahkan di beberapa tempat, Anda akan dijerat oleh hukum dan denda yang diterapkan oleh pemerintah setempat. Lantas apa saja yang tidak boleh dilakukan saat kita berlibur ke Eropa? Berikut ulasannya, sebagaimana dilansir dari afar.

Membuat keributan di hari Minggu

Sejumlah negara di Eropa seperti Jerman dan Swiss melarang penduduk lokal maupun wisatawan untuk membuat kebisingan di hari minggu. Ini berarti tidak ada aktivitas pemotongan rumput, pengeboran jalan, bahkan truk-truk besar di jalan pun dilarang melintas.

Hindari pula menyetel musik dengan volume keras hingga membuat dinding rumah bergetar. Tidak hanya itu, di sebagian besar wilayah Jerman dan Swiss mewajibkan warganya mengurangi kebisingan pada pukul 8 malam hingga 7 pagi agar untuk menghindari keluhan dan denda.

Oleh karena itu, berhati-hatilah ketika berlibur di kedua negara tersebut. Pasalnya, mereka memiliki pengacara khusus yang menangangi kasus-kasus tersebut. Bahkan, di Swiss sendiri terdapat undang-undang yang melarang warganya membilas toilet setelah jam 10 malam.

Baca Juga: Selain Segar Buat Buka Puasa, 5 Minuman Ini Ampuh Keluarkan Racun dalam Tubuh

(Foto: Flickr)

Ngemil di tempat bersejarah

Lupakanlah rencana piknik sambil menikmati makanan lezat atau menyeruput secangkir kopi ketika mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Eropa.

Beberapa monument bersejarah di Italia seperti Colosseum (Roma), Florence, dan Piazza San Marco (Venesia) menerapkan peraturan ketat yang melarang seluruh wisatawan mengonsumsi makanan dan minuman di area monumen. Jika sampai kedapatan, Anda akan langsung di usir oleh petugas keamanan di area tersebut.

Mengambil foto petugas dan gedung pemerintahan

Di beberapa negara seperti Romania, Rusia, Spanyol, Ukraina, dan Hungaria, mengabadikan bandara, tempat-tempat militer, serta gedung pemerintahan bisa membuat Anda didenda atau bahkan diinterogasi. Saat berada di Prancis, pastikan Anda tidak memotret para petugas polisi meski mereka hanya berada di latar belakang foto sekalipun.

Baca Juga: Berniat Liburan ke Pulau Penyu di Tanjung Benoa Bali? Ketahui Serba-serbinya di Sini

(Foto: Reuters)

Memberi makan burung merpati

Berpikirlah dua kali sebelum Anda melemparkan remah-remah roti ke hamparan burung merpati di Piazza San Marco, Venesia. Di tempat ini, memberi makan burung-burung termasuk sebuah pelanggaran.

Selain mengganggu aktivitas umum, kotoran burung merpati yang mengandung asam juga dapat merusak bangun bersejarah dan monument yang ada di sekitarnya. Jika kedapatan, Anda akan dikenakan denda ratusan euro.

(Foto: Flickr)

Tidak membawa passport

Sejumlah negara Eropa seperti Jerman, Hungaria, Rusia, Siprus, Ukraina, Belgia, Belanda, Austria, dan Spanyol mengharuskan para penduduk lokal maupun wisatawan, untuk selalu membawa kartu identitas mereka.

Jika Anda bukan penduduk asli Eropa, itu berarti Anda harus membawa paspor asli ke mana pun Anda pergi. Ingat bukan fotokopinya. Hal ini sangat penting untuk diketahui, terutama ketika Anda berada di tempat-tempat yang ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Melihat dari bahasa dan tampilan Anda, para polisi tidak akan segan-segan melakukan pemeriksaan acak, sehingga mereka memiliki alasan khusus untuk mendenda Anda.

(Foto: Reuters)


Memakai high heels

Jika Anda kebetulan mengunjungi situs bersejarah Athena dan Yunani sambil memakai stiletto kesayangan Anda, maka kemungkinan besar Anda akan pulang nyeker. Pasalnya, hak stiletto yang tajam dianggap melukai situs bersejarah tersebut. Pemakaian sepatu hak tinggi seperti itu pun akhirnya dilarang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini