10 Tempat Wisata Api Abadi, Setengahnya Ada di Indonesia Loh

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 29 Mei 2018 19:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 29 406 1904193 10-tempat-wisata-api-abadi-setengahnya-ada-di-indonesia-loh-ijZN584lWK.jpg Burning Mountain. (Foto: Reuters)

KEUNIKAN sebuah tempat wisata terkadang memancing rasa penasaran sehingga banyak pengunjung yang datang. Di dunia ini banyak sekali tempat wisata yang tidak biasa, salah satunya wisata api abadi.

Api abadi adalah api yang menyala terus menerus tanpa redup. Sebagian besar api abadi cenderung sengaja dinyalakan, tetapi ada juga yang karena fenomena alam seperti kebocoran gas alam dan kebakaran lapisan batu bara. Merangkum berbagai sumber, Selasa (29/5/2018), inilah 10 daftar tempat wisata abadi di seluruh dunia:

1. Kawah Gas Darvaza

Pada 1971 terjadi tragedi di Derweze Turkmenistan. Tragedi tersebut menyebabkan pembentukan kawah gas dimana ada nyala api terus menerus. Maka tak heran bila kawah gas ini disebut oleh penduduk setempat sebagai Pintu ke Neraka.

Baca Juga: Pria Ini Pilih Ditembak, daripada Tas Louis Vuitton Seharga Rp238 Jutanya Dirampas

(Foto: Reuters)

2. Api Abadi Mrapen

Di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah terdapat legenda Sunan Kalijaga yang berhubungan dengan api abadi. Dalam legenda itu dikisahkan Sunan Kalijaga dan para pengikutnya beristirahat sejenak dan bermalam di sebuah tempat yang disebut Mrapen.

Di malam hari mereka ternyata kedinginan sehingga Sunan Kalijaga meletakkan tongkatnya ke tanah dan kemudian menariknya keluar untuk menyalakan api yang menghangatkan. Api abadi di Mrapen itu hingg sekarang belum pernah dipadamkan bahkan di tengah hujan angin.

(Foto: visitjateng)

3. Batu Berapi Chimaera (Yanartas)

Di Turki ada sebuah gunung bernama Olympos yang dipercaya memiliki mitos Chimera. Di gunung itu terdapat api yang terus menyala lebih dari 2.500 tahun. Nyala api dianggap membantu pelaut kuno menghindari pantai berbatu. Diperkirakan api berasal dari gas metana yang merembes melalui ophiolit atau batuan dasar laut yang telah diangkat dan didorong ke daratan.

(Foto: Reuters)

Baca Juga: Reporter Wanita Ini Terancam Dipecat karena Bilang Kamu Tampan, Kok Bisa?

4. Gua Air dan Api

Taiwan memiliki beberapa gunung berapi yang menjadi sumber mata air panas alami. Malah ada gunung berapi yang akibat geologi lokal menghasilkan gas metana. Gas itu menyebabkan sebuah batu terus menerus terbakar meski berada di dekat kolam air panas. Tempat ini dinamakan Gua Air dan Api.

(Foto: terselubung.in)

5. Chestnut Ridge Park

Di Amerika Serikat terdapat api yang menyala di dalam gua air terjun selama ribuan tahun. Tempat ini berada di Chestnut Ridge Park. Hingga kini penelitian terus dilakukan untuk mengungkapkan fenomena yang indah dan misterius tersebut.

(Foto: Reuters)

6. Api Tak Kunjung Padam, Madura

Menurut legenda, tongkat sakti Ki Moko berhasil menciptakan api abadi di Pamekasan, Madura. Uniknya, meskipun saat hujan api di sana redup, namun ketika hujan reda api otomatis menyala lagi.

(Foto: WisataMadura)

7. Api Abadi Kayangan Api

Di sebuah desa di Bojonegoro, Jawa Timur terdapat tempat wisata api abadi. Pemandangannya tampak sangat indah ketika malam hari.

(Foto: WisataBojonegoro)

8. Api Abadi Bekucuk

Satu lagi wisata api abadi di Jawa Timur. Api Abadi Bekucuk yang terletak di Dusun Bekucuk, Tempuran, Mojokerto ditemukan pada 1993.

(Foto: kabarnesia)

9. Api Abadi Kawah Ijen

Banyak wisatawan yang datang ke Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur untuk menyaksikan peristiwa tak biasa yaitu nyala api abadi. Uniknya api di sana berwarna biru sehingga menambah keindahan pemandangan.

(Foto: Nusapedia)

10. Burning Mountain

Disebut juga Mount Wingen, Burning Mountain terletak di New South Wales, Australia. Di sana terdapat nyala api abadi yang diyakini bersumber dari batu bara di bawah tanah.

(Foto: Reuters)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini