Terbangkan Pesawat di Rute Menantang, 2 Perempuan Pilot Pakistan Jadi Viral di Sosmed

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 26 Juni 2018 07:27 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 26 406 1914016 terbangkan-pesawat-di-rute-menantang-2-perempuan-pilot-pakistan-jadi-viral-di-sosmed-5wknKoi3tr.jpg Pilot Perempuan (Foto: Foxnews)

DUA orang perempuan pilot maskapai penerbangan asal Pakistan mendapat apresiasi dari warganet di media sosial Twitter. Pasalnya, kedua perempuan itu dinilai berhasil mengatasi rute penerbangan ‘yang sangat menantang’ sehingga menjadi tonggak bersejarah bagi kaum hawa.

Pada 21 Juni, maskapai Pakistan International Airlines membagikan foto yang kemudian menjadi viral di jagat maya. Sebab, seluruh kru penerbangan pesawat ATR itu berjenis kelamin perempuan. Diketahui kemudian, kapten penerbangan bernama Maryam Masood dan pilot Shumaila Mazhar.

Baca Juga:

kapten penerbangan bernama Maryam Masood dan pilot Shumaila Mazhar

“Penerbangan ke Gilgit sangat menantang  dan membutuhkan perhitungan yang presisi serta teknik mumpuni. Duet hebat kita, Kapten Maryam Masood dan Pilot Shumaila Mazhar membuatnya terlihat mudah saat terbang melintasi pegunungan untuk merayakan kecantikan wilayah utara kita!” cuit Pakistan International Airlines, dinukil dari Fox News, Selasa (26/6/2018).

Unggahan tersebut dalam waktu singkat menjadi viral, disukai sebanyak 12 ribu pengguna, di-retweet sebanyak 3.500 kali, dan mendapat 600 komentar. Sebagian besar memuji kecapakan kedua pilot tersebut dilengkapi dengan tanda pagar #girlpower. Keduanya dianggap sukses di bidang yang biasanya didominasi oleh laki-laki.

“Ini sangat mengagumkan! Menyenangkan melihat perempuan muda bertalenta memiliki peran lebih besar dalam organisasi tersebut,” tulis warganet bernama Usman Ghani di akun @whousmanghani.

Warganet bernama M Ali Chundrigar mengklaim kalau putrinya ada dalam penerbangan yang dikapteni oleh Maryam Masood tersebut. Ia mengatakan, putrinya tidak henti-hentinya memuji sang kapten karena penerbangan berlangsung mulus mulai dari lepas landas, saat di udara, hingga mendarat.

Sementara itu, warganet bernama @Qamar_110 senang melihat berita tersebut. Ia yakin peran perempuan sangat penting dalam pembangunan di Pakistan.

Melihat respons dari warganet, juru bicara Pakistan International Airlines, Mashood Tajwar menuturkan, Masood dan Mazhar bukan kru kokpit perempuan pertama yang ditugaskan oleh pihak maskapai.

Tajwar mengatakan, Kapten Ayesha Rabia dan Pilot Saadia Aziz adalah dua orang perempuan pertama yang harus mendapatkan penghormatan tersebut. Mereka adalah perempuan kru kokpit pertama yang terbang dari maskapai Pakistan International Airlines beberapa tahun lalu. Meski demikian, pencapaian Maryam Masood dan Shumaila Mazhar tetap patut diapresiasi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini