Selamatkan Nyawa dari Hewan Buas, Ini Cara Hadapi Ular hingga Hiu

Annisa Aprilia, Jurnalis · Kamis 12 Juli 2018 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 12 406 1921483 selamatkan-nyawa-dari-hewan-buas-ini-cara-hadapi-ular-hingga-hiu-UWX96gmjLj.jpg Menyelamatkan diri dari hewan buas (Foto:Ist)

BISA ular king kobra diyakini oleh masyarakat sebagai racun yang paling mematikan. Maka, ketika ada ular apapun jenisnya berada di dalam jarak yang cukup dekat, masyarakat sebisa mungkin menghindar, meskipun kadang cara menghindari atau menghadapinya salah.

Seperti nasib nahas yang didapatkan oleh Rizky Ahmad, remaja berusia 17 tahun yang kehilangan nyawa akibat dipatuk ular king kobra, yang padahal miliknya sendiri dan dipelihara. Terlepas dari nasib yang dialami remaja asal Kalimantan Tengah tersebut, bagi kamu yang gemar mendaki gunung atau menjelajah alam bebas, berikut cara menghadapi ular dan binatang buas lainnya, yang sewaktu-waktu bisa saja kamu alami, Okezone rangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/7/2018).

 BACA JUGA:

Berlibur ke Bahama, Model Instagram Ini Malah Digigit Hiu

1. Ular

Jika kamu melihat ular, maka cepat amati posturnya, jika ular derik maka dia akan melingkar dan bergetar ekornya. Segera mundur dengan hati-hati dan pelan. Jika jenis lain yang kamu temui, maka jangan mendorong ular dengan tongkat atau benda lain, karena akan semakin mengganggunya, sebaiknya tunggu saja sampai ular tidak terlihat. Bagi pendaki gunung, disarankan untuk mengenakan sepatu hiking yang tebal, agar mampu cegah taring menusuk kulit.

Namun, jika sudah terlanjur digigit, jangan panik. Carilah bantuan, tapi jaga bagian yang digigit itu tetap bergerak dan berada di bawah hati. Satu hal yang perlu diingat jangan pernah mencoba untuk menghisap racunnya karena akan sangat berbahaya dan nyawa jadi taruhan.

2. Beruang

Jika bertemu dengan beruang cukup dekat saat berada di luar ruang dan dalam penjelajahan alam, sebaiknya kamu bisa membuat dirimu lebih besar semampunya. Entah itu dengan melebarkan jaket sambil mengangkat kedua tangan.

Sebaliknya, jika beruang cukup jauh atau sepertinya tidak melihatmu, maka berbaliklah, berputar, dan jangan menganggu. Namun, jika beruang nampak mendekati dengan cara berdiri dan tidak agresif, bisa jadi dia sedang penasaran, maka berdirilah tegak, lambaikan tangan, bicara dengan keras tapi bukan marah-marah. Jangan Lari, karena bagi beruang respons itu justru membuatnya harus mengejar.

 

3. Singa gunung

Saat bertemu dengan singa gunung, maka kamu harus membuat dirimu nampak lebih besar, sama seperti menghadapi beruang, buatlah tepukan tangan, dan lempar sesuatu. Jangan pernah membungkuk mengambil benda untuk dilemparkan, karena tindakan ini dapat memicu respons singa untuk menerkammu.

4. Hiu

 

 

 (Wisatago)

Sedang asyik menyelam lantas bertemu dengan hiu, sebaiknya tetap tenang! Tidak perlu berenang cepat-cepat karena justru akan membuatnya mengejarmu, maka seharusnya berpura-pura mati, karena hiu lebih mungkin mengejar target yang hidup daripada bergerak. Tapi, jika hiu menyerang tiada cara lain, LAWAN!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini