Share

Peneliti Ungkap Tempat Duduk Paling Aman di Pesawat, Kira-Kira di Mana Ya?

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 18 Juli 2018 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 18 406 1924010 peneliti-ungkap-tempat-duduk-paling-aman-di-pesawat-kira-kira-di-mana-ya-4xD2gkU8n6.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERJALANAN udara menggunakan pesawat sudah umum dilakukan oleh sebagian masyarakat di dunia. Selain menghemat waktu tempuh, perjalanan pun terasa lebih menyenangkan karena tidak membuat tubuh terlalu lelah.

Ada banyak kursi dalam pesawat dengan kelas yang berbeda sesuai dengan bujet penumpang dan kenyamanan yang diinginkan. Namun bagaimana dengan keselamatan? Mungkin tidak banyak dari masyarakat yang belum mengetahui bagian kabin pesawat sebelah mana yang paling aman setidaknya jika terjadi kecelakaan.

โ€œSetiap insiden atau tabrakan itu unik. Tidak ada kursi teraman,โ€ ucap Alison Duquette, juru bicara Federal Aviation Administration, seperti yang dikutip dari laman The Huffington Post, Rabu (18/7/2018).

Baca Juga: Ketika Netizen Berfoto ala Model, Keren Enggak Ancur Iya

Kecelakaan yang biasa terjadi pada pesawat misalnya, pendaratan menukik, pendaratan di permukaan air hingga tabrakan runway. The Transportasi Safety Board Nasional pun tidak menyimpan statistik terkait kursi dan belum dilakukan penelitian kursi pesawat sebelah mana yang paling aman.

Akan tetapi, pada 2007 Popular Mechanics menangani dan menganalisis data NTSB untuk setiap kecelakaan pesawat komersial di Amerika Serikat sejak 1971 yang memiliki korban selamat dan korban jiwa, kemudian menyimpulkan beberapa poin terkait posisi kursi paling aman dalam pesawat. Penumpang yang duduk di dekat ekor pesawat sekira 40 persen lebih mungkin selamat dari tabrakan dibandingkan dengan yang bagian depan.

Sementara itu, pada bagian dekat sayap, penumpang memiliki tingkat kelangsungan hidup sekira 56 persen dan bagian depan lebih kecil, yaitu 15 persen. Namun, pada analisis kedua yang dilakukan pada 2015, peneliti di Time melalui data FAA, menemukan hasil yang serupa.

Baca Juga: Intip Gaya Sporty Manajer Timnas Indonesia Yuliana Tasno saat Berolahraga, Bikin Pingin Gerah Bareng!

Kelompok ini mempersempit penelitian mereka jadi 17 kecelakaan sejak 1985 yang memiliki korban jiwa dan selamat. Waktu ditemukan, kursi bagian belakang memiliki tingkat kematian lebih rendah sekira 32 persen, kursi bagian tengah memiliki tingkat kematian 39 persen, dan bagian depan 38 persen tingkat kematiannya.

Selain itu, untuk deretan kursi, pilihlah kursi yang ada di sisi lorong kabin. Pasalnya, kursi paling pinggir ini memiliki tingkat kematian yang cukup rendah. Perlu pula diingat, sekali lagi meskipun kursi kelas ekonomi bagian belakang tidak lebih nyaman daripada kelas bisnis, tapi pada umumnya bagian belakang adalah tempat yang tepat.

Follow Berita Okezone di Google News

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini