Pemerintah Uni Emirat Arab Keluarkan Aturan Bebas Visa bagi Wisatawan Berusia di Bawah 18 tahun

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 20 Juli 2018 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 20 406 1924980 pemerintah-uni-emirat-arab-keluarkan-aturan-bebas-visa-bagi-wisatawan-berusia-di-bawah-18-tahun-D3boDoEPhv.jpg Bebas Visa UAE (Foto: Khaleejtimes)

BANYAK cara yang bisa dilakukan oleh suatu negara untuk menarik minat kunjungan wisatawan asing. Salah satunya adalah aturan bebas visa. Aturan ini sering dimanfaatkan oleh mereka yang gemar bepergian karena tidak perlu repot-repot mengurus izin.

Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) tampaknya menangkap peluang ini. Hari Minggu lalu, kabinet mengumumkan bila wisatawan di bawah usia 18 tahun yang bepergian ke negara tersebut selama musim panas tidak perlu membayar biaya visa. Aturan ini berlaku selama 2 bulan. Terhitung dari tanggal 15 Juli - 15 September 2018.

Melalui aturan baru ini, diharapkan jumlah kunjungan wisatawan asing ke UEA semakin tinggi, terutama di puncak musim panas tahun ini. Terlebih aturan bebas visa bagi wisatawan di bawah 18 tahun secara otomatis membuat orangtua anak tersebut ikut berlibur. Dengan begitu akan lebih banyak wisatawan yang datang.

Ini bukan pertama kalinya pemerintah UEA mengeluarkan aturan bebas visa dengan syarat tertentu. Sebelumnya pemerintah mengeluarkan aturan bebas visa bagi wisatawan yang transit di Dubai selama 24 jam. Dengan begitu wisatawan memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi keindahan kota. Ya, saat ini kota tersebut memang cukup menarik minat wisatawan dengan berbagai atraksinya.

Atas aturan baru yang dikeluarkan, agen-agen perjalanan di UEA menyambut gembira langkah tersebut. Mereka mengatakan hal itu dapat membantu meningkatkan pariwisata selama musim panas. Rifa Dalvi, konsultan perjalanan dari Cozmo Travels, mengatakan langkah itu akan membantu warga yang tinggal tanpa keluarga mereka di UEA untuk membawa orang yang mereka cintai untuk dikunjungi.

"Aturan ini akan sangat bagus untuk semua wisatawan. Maskapai penerbangan menawarkan konsesi tiket untuk bayi dan anak-anak dan itu menjadi masuk akal bila negara-negara menawarkan hal yang sama untuk visa," ucapnya seperti yang dikutip dari Khaleej Times, Jumat (20/7/2018).

Sekadar informasi, saat ini biaya untuk pembuatan visa wisatawan asing terbagi menjadi beberapa kategori dengan harga yang berbeda di antaranya ekspres yang berlaku selama 14 hari dan multi-entry yang berlaku selama 30 hari. Namun pihak operator tur mengatakan bila jenis visa yang populer adalah multi-entry yang berlaku selama 90 hari. Dengan adanya aturan baru, maka wisatawan dapat menghemat biaya kunjungan.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini