Tren Kekinian Wahana Taman Rekreasi Tonjolkan Teknologi

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 25 Juli 2018 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 25 406 1927313 tren-kekinian-wahana-taman-rekreasi-tonjolkan-teknologi-dOtzohOTgq.jpg Wahana permainan (Foto: Annia Aprilia/Okezone)

TAMAN rekreasi biasa dikunjungi oleh keluarga saat akhir pekan hingga musim libur panjang. Wahana beragam yang disesuaikan dengan pengunjungnya dapat membuat waktu berkumpul dengan keluarga lebih berkualitas dan menyenangkan.

Lebih dari sekadar menghibur dan menjadi destinasi wisata, taman rekreasi ternyata memiliki peranan cukup penting dalam menyejahterakan masyarakat. Pasalnya, dengan keberadaan taman rekreasi pun dapat meningkatkan angka tujuan wisata hingga menyerap tenaga kerja.

"Potensinya dan penyerapan tenaga besar banyak sekali, pengembangan butuh dukungan pemerintah, penting sekali. Sekarang ini di dalam negeri mulai ada beberapa pabrik yang memproduksi alat-alat sederhana juga barang yang terkait dengan industri ini, misalnya mesin permainan yang dapat mengeluarkan tiket itu khusus dibuat di dalam negeri yang sebelumnya impor," papar Rachmat Sutiono, salah satu organizer di pameran Fun Asia Expo 2018, di Hall D2 Jiexpo, Jakarta, Rabu (25/7/2018).

 (Baca Juga:Tahukah Anda Fungsi Ventilasi Udara pada Pesawat? Simak Penjelasannya)

Menilik permainan di taman rekreasi yang ada saat ini dan zaman dulu, tanpa Anda sadari telah perlahan berubah, lebih menggunakan teknologi, dan lebih aman dengan lisensi resmi yang menjamin pengunjung. Di sisi lain, dengan terus berkembangnya teknologi yang ada saat ini, permainan taman rekreasi pun turut terpengaruh, terbukti di pameran Fun Asia Expo 2018 ada beberapa permainan atau wahana yang menggunakan teknologi virtual reality (VR).

"Ada sebagian wahana yang menggunakan VR bahkan VA. Tren permainan taman rekreasi berkembang jadi sangat luas, usaha pemerintah sudah sangat keras untuk mendorong pariwisata yang tekankan man made," imbuhnya.

 (Baca Juga:7 Alasan Kenapa Bali Sangat Dicintai Turis Asing, Salah Satunya Dianggap Tempat Terbaik untuk Me Time)

Masih dalam pemaparannya Rachmat Sutiono melanjutkan, saat ini tanpa masyarakat sadari sudah mulai bermunculan taman hiburan yang diciptakan dengan sangat kreatif dan menarik untuk dikunjungi. Melihat tren taman hiburan atau rekreasi masyarakat di Indonesia berkembang, maka dia berkesimpulan sarana rekreasi dan keinginan masyarakat untuk mengunjunginya mulai meningkat tajam.

"Terus-menerus membutuhkan dukungan pemerintah terutama bidang infrastruktur dan pajak agar dimudahkan. Kendala lainnya, pendapatan rata-rata masyarakat belum terlalu tinggi. Diharapkan ada peningkatan pendapatan masyarakat agar bertumbuh kelas menengah," ujarnya.

 

Agar wisata buatan manusia khususnya taman rekreasi di Indonesia terus berkembang, diadakan pameran permainan yang diikuti oleh 18 negara dengan sekira 80 eksibitor lebih, bertajuk Fun Asia Expo 2018. Uniknya, dalam pameran permainan yang mulai digelar hari ini hingga esok tersebut wahana atau permainan yang dihadirkan sudah terjual.

"Target pengunjung pameran adalah para stakeholder yang bergerak dibidang pariwisata, seperti hotel, taman hiburan, dan lainnya. Uniknya, apa yang Anda lihat dipameran semua sudah laku. Tidak pernah terjadi di mana pun," pungkasnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini