Share

Begini Rupa Kali Besar di Kota Tua, Serasa Berwisata di Eropa

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 31 Juli 2018 15:17 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 31 406 1929822 begini-rupa-kali-besar-di-kota-tua-serasa-berwisata-di-eropa-Xe9LvCGae5.jpg Kali Besar di kawasan Kota Tua Jakarta (Foto: Utami Evi/Okezone)

KALI Besar di kawasan Kota Tua Jakarta kini memiliki perubahan yang signifikan dari tahun-tahun sebelumnya. Setelah dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno pada Sabtu, 7 Juli lalu, proyek revitalisasi Kali Besar bisa jadi tujuan wisata Anda di Jakarta.

Pemandangan baru yang ada di Kali Besar terlihat dari pedestrian yang semakin luas, area yang lebih bersih, area terapung, hingga cantiknya setiap tepian kali yang ditanami dengan aneka bunga. Di tiap beberapa meter juga terdapat area untuk duduk dan menikmati pemandangan dari samping kali.

 

Bangunan-bangunan tua dengan arsitektur kolonial yang masih berdiri kokoh di kanan dan kiri kali memberikan pemandangan klasik yang indah dipandang. Keindahannya bahkan terasa seperti di Eropa.

 (Baca Juga:Meme Serius Mode ala Cristiano Ronaldo Ini Bikin Geli, Inikah Rahasia Tendangan Bebasnya?)


Saat Okezone mengunjungi Kali Besar di tengah pekan lalu, suasana masih sepi. Hari kerja bisa jadi waktu terbaik mengunjungi Kali Besar untuk Anda yang datang dari luar kota. Karena Anda bisa bebas memotret keindahannya dengan tenang tanpa terganggu dengan banyaknya orang yang lalu lalang.

 

Saat siang hari, terik matahari mungkin akan membuat Anda kepanasan. Sebab, memang belum ada pepohonan rindang yang bisa menjadi tempat bernaung. Tapi saat ini sedang ditanam puluhan pohon di sepanjang tepian kali.

Pemandangan unik lainnya bisa dilihat dari patung-patung dan kursi yang disediakan di tepi kali. Salah satunya berada di dekat Halte Transjakarta Kali Besar, Anda bisa berfoto di sana lengkap dengan patung pria tua yang duduk di kursi.

 (Baca Juga:Kisah di Balik Puncak Bukit Cinta, Tempat Bertemu Ratu Sekar Sari dan Raden Atas Aji)

Untuk mencapai Kali Besar, Anda bisa menaiki kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jika dari Stastiun Jakarta atau Halte Transjakarta, menyeberanglah ke arah Museum Bank Indonesia, kemudian mengikuti arah jalan raya ke kiri sampai Anda menemukan kali. Jaraknya cukup dekat dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

 

Beberapa tips untuk Anda yang berencana mengunjungi Kali Besar, jangan lupa membawa topi dan memakai sunscreen untuk melindungi tubuh dari sengatan teriknya matahari. Jika membawa makanan, buang sampahnya pada tempat-tempat yang sudah banyak disediakan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini