Share

Tak Sengaja Bertemu, Wisatawan Asing Diajak Jalan-Jalan Orangutan Kalimantan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 31 Juli 2018 17:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 31 406 1929882 tak-sengaja-bertemu-wisatawan-asing-diajak-jalan-jalan-orangutan-kalimantan-i5JVOjgAXy.jpg Orangutan (Ig)

INDONESIA terkenal sebagai salah satu negara yang dihuni oleh mamalia eksotis orangutan. Taman nasional yang jadi tempat tinggal orangutan tersebut satu di antaranya adalah Taman Nasional Tanjung Puting yang ada di Kalimantan Tengah, yang juga merupakan konservasi orangutan terbesar di dunia, karena mencapai 30 ribu hingga 40 ribu.

Oleh karena begitu banyaknya jumlah orangutan yang hidup tersebar di Taman Nasional Tanjung Puting ini, tidaklah heran jika para wisatawan yang sengaja melakukan ekspedisi penjelajahan dapat melihat atau bertemu dengan orangutan. Seperti yang belum lama ini dialami oleh beberapa wisatawan mancanegara yang sedang berjalan di tengah hutan ketika menuju ke lokasi tempat pemberian makan, mereka tidak sengaja bertemu dengan salah seekor orangutan yang cukup besar badannya.

Baca juga: Ayo Belajar dari Pakar Hubungan agar Terlatih Patah Hati!

Orangutan (Ig)

Momen langka tersebut berhasil diabadikan dalam video cukup singkat dan disebarkan ke media sosial Instagram. Lewat akun @abubornean1004, pertemuan antara wisatawan mancanegara dengan orangutan ini netizen menjadi tahu, orangutan sama sekali tidak mengganggu manusia, mereka justru berjalan menjauhi manusia.

 Baca juga: 6 Zodiak Ini Terkenal Paling Sombong dan Angkuh, Kamu Termasuk?

Pantauan Okezone dari akun Abu pada Selasa (31/7/2018), dalam video nampak orangutan seperti entah ingin berbuat apa ketika melihat sekira 9 orang wisatawan asing sedang berkerumun mengamatinya. Sesaat setelah mengalihkan pandangannya, rombongan wisatawan itu pun mengeluarkan gawai mereka, mungkin memotret beberapa foto atau merekam mengabadikan lewat video.

 Baca juga: Kontes Kecantikan Khusus Para Pembantu Viral, Intip Meriahnya Gaya si Pemenang!

Sayangnya, orangutan tersebut malah bergegas pergi sebelumnya sempat menengok kembali para wisatawan dan sesaat memejamkan mata. Dia berjalan dengan bantuan kedua tangannya yang besar dan ditumbuhi rambut cukup lebat. Gerakannya yang teratur membuat rambut-rambutnya berayun ke sisi luar tubuh, sementara gambar bergoyang karena orang yang memegang kamera kemungkinan berjalan mundur.

Melihat peristiwa yang tidak sengaja ini dan jarak wisatawan dengan orangutan begitu dekat, netizen pun heboh dan tercengang seakan tidak menyangka sebelumnya. Terbukti sejak diunggah pada kembali oleh akun @ayodolan pada tiga hari lalu, video tersebut telah ditayangkan sekira 335 ribu lebih dan menampung beragam komentar netizen, yang sebagian besar memuji keeksotisan orangutan.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini