Minus hingga 4 Derajat, Kawasan Gunung Bromo Diselimuti Salju

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 06 Agustus 2018 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 06 406 1932354 minus-hingga-4-derajat-kawasan-gunung-bromo-diselimuti-salju-K6AfoYzQ6Y.jpg Ilustrasi (Foto: Malangtoday)

DINGINNYA udara hingga mencapai di bawah 0 derajat membuat kawasan sekitar Gunung Bromo sempat berlapis salju pada Sabtu malam hingga Senin dini hari.

Kepala Pos Pantau Gunung Bromo, Ahmad Subhan mengungkapkan suhu udara di kaldera dalam beberapa hari terakhir bisa mencapai -4 derajat celcius.

"Di Kaldera minus 4 derajat, kalau di Cemoro Lawangnya di Kisaran minus satu derajat," terang Ahmad Subhan, saat dihubungi okezone, Senin pagi (6/8/2018).

 BACA JUGA:

Anak Suka Ikut-ikutan Challenge di Media Sosial, Orangtua Harus Lakukan Ini

Akibat dinginnya udara hingga dibawah nol derajat, sejumlah kawasan di Gunung Bromo seperti daerah Ranupane dan lautan pasir, berselimut salju. Banyak tanaman - tanaman pun yang tertutup salju.

Bahkan sejumlah atap rumah warga yang berada di sekitar kawasan Gunung Bromo pun tak luput dari fenomena salju yang cukup langka ini.

Sementara itu Kepala BMKG Stasiun Juanda Surabaya, Muhammad Nurhuda, menyatakan dinginnya suhu ini karena pengaruh perubahan suhu di awal musim kemarau.

 

"Suhu udara menjadi sangat dingin menjelang malam hingga pagi, sementara di siang hari suhu melonjak hingga panas menyengat. BMKG memprediksi, kondisi tersebut berlangsung hingga akhir pekan ini," ungkap Nurhuda melalui rilisnya.

 BACA JUGA:

Jangan Asal Pakai, Perhatikan Cara Penggunaan Reusable Straw yang Ramah Lingkungan

Pihaknya menghimbau masyarakat, khususnya di sekitar Gunung Bromo dan Semeru, untuk tetap tenang dan menjaga kesehatan dengan mengenakan jaket tebal saat beraktivitas di luar rungan pada malam hari.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini