Tips Hadapi Bencana Alam Saat Berlibur, Penting Diketahui Traveler!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 07 Agustus 2018 14:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 07 406 1932969 tips-hadapi-bencana-alam-saat-berlibur-penting-diketahui-traveler-LA1hvbDcvO.jpg Bencana (Neighbourwork)

GEMPA yang terjadi di Lombok membuat seluruh kawasan Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali terguncang hingga menimbulkan kepanikan tidak hanya bagi warga lokal, tapi juga wisatawan domestik dan mancanegara yang sedang berlibur di sana. Terlebih Lombok dan Bali diincar karena keindahan lautnya oleh wisatawan, maka saat ada kabar gempa berpotensi tsunami wisatawan pun ingin segera kembali ke daerah asal.

Tentu bencana alam ini tidak dapat diprediksi, sehingga tidak semua wisatawan menyiapkan upaya menyelamatkan diri sebelum keberangkatannya ke daerah yang rawan gempa. Belajar dari kepanikan dan kekalutan yang dialami oleh teman-teman traveler di sekitar Lombok dan Bali, sebenarnya bagaimana cara menghadapi suasana bencana alam saat sedang liburan? Berikut informasinya seperti yang Okezone himpun dari berbagai sumber, Selasa (7/8/2018).

Baca juga: Foto-Foto Transformasi Nissa Sabyan, Berseragam Pramuka hingga Tampil Kece Badai

Gempa

1. Jika kamu sedang berada di hotel, maka carilah lokasi yang aman. Saat berupaya bergerak menyelamatkan diri, cukup bawa tas kecil yang berisi barang-barang penting, seperti dokumen penting pribadi dan ponsel. Lalu, segera keluar.

2. Berkumpul dengan warga lokal atau wisatawan lainnya agar mudah didata dan kamu pun bisa mendapatkan bantuan pokok berupa pakaian, makanan, dan minum, juga tempat berteduh sementara sebelum kembali ke daerah asal.

Baca juga:Begini Sosok Mertua Tasya Kamila yang Ternyata Sosialita Tajir, Temannya Kebanyakan Selebriti!

3. Carilah orang-orang yang mampu memberikan kamu petunjuk atau cara agar bisa kembali ke daerah asal dengan cepat dan selamat, atau setidaknya mampu memberikan saran terbaik untuck kamu lakukan.

4. Tetap tenang dan bersikap seperti biasa, jangan kaget atau panik ketika mendapati saluran listrik, internet, dan telepon terputus, terganggu, atau mati seketika. Ini wajar bila sedang terjadi bencana alam. Marah pada keadaan hanya membuang energi saja, lebih baik saling menenangkan dan menolong dengan sesama.

Gempa

Baca juga: Tenang, Ini Cara Menanggapi Suami yang Lakukan Body Shaming!

5. Jika kamu memegang ponsel, bisa mencoba mengirim pesan darurat atau melakukan panggilan darurat jika ada korban jiwa di sekitar, kamu pun bisa memberi kabar pada keluarga dan katakan kamu baik-baik saja, sehingga keluarga bisa sedikit lebih tenang.

6. Saat berada di pengungsian dan merasa lapar, kamu harus tetap waspada pada makanan yang dikonsumsi, karena pasca bencana alam obat akan sulit ditemukan dan jika kamu sakit maka keadaan akan kian buruk.

7. Terus ikuti perkembangan kabar soal bencana yang terjadi di tempat kamu berada lewat bulletin, koran, televisi, radio atau semacamnya. Ikuti pula kabar tentang evakuasi wisatawan, karena biasanya pemerintah setempat akan menyegerakan wisatawan untuk kembali ke daerah asal.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini