3 Daerah di Bali yang Kena Gempa Lombok, Punya Destinasi Wisata Keren Juga Loh

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 07 Agustus 2018 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 07 406 1933158 3-daerah-di-bali-yang-kena-gempa-lombok-punya-destinasi-wisata-keren-juga-loh-YG5XVJC9XB.jpg Bali. (Foto: Okezone)

BALI menjadi pulau yang bertetangga langsung dengan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Oleh karena itu, dampak guncangan gempa yang terjadi di Lombok pun mempengaruhi beberapa titik di Bali

Meskipun tidak seluruh daerah Bali rusak dan merenggut korban jiwa, namun guncangan tetap membuat para wisatawan yang tengah berlibur jadi ikut panik dalam kekalutan.

Dihimpun Okezone dari berbagai sumber, Selasa (7/8/2018), dari delapan kabupaten yang dimiliki Pulau Dewata diwartakan hanya beberapa saja yang mengalami kerusakan. Kota Denpasar hingga Kabupaten Karangasem terkena dampak gempa yang mengguncang hingga 7 Skala Richter itu.

Sebagai pulau yang dikenal sebagai tujuan wisata, daerah-daerah yang terkena dampak gempa itu pun memiliki destinasi yang sayang jika dilewatkan ketika berkunjung ke Bali.

1. Karangasem

Menurut Gubernur Bali I Made Mangku Pastika, Karangasem menjadi daerah yang paling banyak terkena dampak gempa. Banyak pelinggih atau tempat pemujaan yang rusak akibat gempa.

Terlepas dari bencana alam gempa yang sedang terjadi, saat sedang kondusif dan normal, Karangasem pun bisa Anda masukan daftar kunjungan, karena daerah ini memiliki beberapa destinasi wisata seperti, Pura Besakih yang populer karena latar belakang berupa Gunung Agung dan kentalnya budaya serta suasana religius begitu terasa.

Pantai Tulamben yang tidak berpasir tapi berbatu, Yeh Malet yang memiliki panorama alam bernuansa biru lautan yang menggoda, Putung yang bisa jadi lokasi sempurna menyegarkan pikiran, dan Pura Lempuyang yang berada di kaki Bukit Bangle.

2. Badung

Daerah selanjutnya yang terasa gempa cukup kuat ialah Badung. Bila mendengar kata Badung tentu Anda langsung teringat akan Uluwatu, yang khas dengan pura di atas batunya, bukan?

Tapi, Badung tidak hanya memiliki Uluwatu saja, namun ada pula Tanah Lot yang memiliki pemandangan matahari tenggelam paling meneduhkan seantero Bali, mengenal budaya Bali di kawasan Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK), menyegarkan pikiran dan bersantai sambil bermain air di air terjun tersembunyi Nungnung, bercengkrama dengan monyet di Sangeh Monkey Forest, dan berjemur sepuasnya di Pantai Dreamland.

3. Denpasar

Di Denpasar beberapa titik yang terkena dampak gempa disebutkan di antaranya gedung sebuah department store, rumah warga, dan Bandara Internasional Ngurah Rai yang mengalami kerusakan kecil tapi tetap beroperasi.

Meskipun kerap dijadikan hanya persinggahan, ternyata Denpasar pun memiliki destinasi wisata, seperti Museum Bali yang bisa dijadikan lokasi tepat untuk belajar sejarah Pulau Dewata, Pura Jagatnatha pura terbesar di Denpasar yang posisinya menghadap langsung ke Gunung Agung.

Bagi wisatawan yang tahu sejarah perang puputan maka Lapangan Puputan bisa membawa kamu ke masa lalu sejenak, dan menyaksikan matahari terbit di Pantai Sanur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini